Ukur Berat Badan Ideal dengan Metode BMI

Penampilan seseorang di era sekarang ini sangat terpaku pada tubuh yang proporsional, artinya mempunyai berat badan, dan tinggi yang ideal. Untuk mengetahui apakah tubuh ideal atau belum bisa dihitung dengan metode BMI. Dengan acuan body mass index ini, seseorang bisa menentukan strategi untuk mendapatkan tubuh yang proporsional dan ideal.

Metode ini merupakan sebuah perhitungan perbandingan antara tinggi dan berat badan seseorang. Ada standar tertentu yang sudah ditetapkan dan menjadi pedoman apakah tubuh seseorang mempunyai proporsi tubuh yang berlebihan atau kurang. Nah, apa sebenarnya BMI ini dan bagaimana cara menggunakannya?

  1. Pengertian BMI

Seperti disebutkan sebelumnya, BMI merupakan sebuah metode perhitungan proporsi tubuh yang membandingkan tinggi dan berat badan. Dari perbandingan tersebut akan menghasilkan sebuah angka yang menunjukkan apakah proporsi tubuh sudah ideal atau belum.

Metode ini sangat mudah digunakan dan menjadi acuan sederhana bagi seseorang untuk melihat apakah tubuhnya sudah proporsional atau belum. Angka-angka yang dihasilkan ini juga menjadi pedoman bagi seseorang mengenai jumlah nutrisi yang dikonsumsi. Sehingga bisa memberikan solusi untuk seseorang dalam menjaga proporsi tubuh.

  1. Ketentuan Penggunaan BMI

Tidak semua orang bisa menggunakan metode perhitungan berat badan ini. Karena perhitungan BMI ini hanya valid jika digunakan untuk orang dewasa dalam kondisi yang biasa. Artinya bagi wanita hamil atau menyusui sangat tidak disarankan untuk menggunakannya.

Pada wanita hamil dan menyusui mempunyai kebutuhan nutrisi yang berbeda dibandingkan dengan wanita dewasa dalam kondisi biasa. Nutrisi ibu hamil tentunya sangat penting untuk perkembangan janin. Begitu juga dengan ibu menyusui yang sangat membutuhkan nutrisi lebih agar bisa menghasilkan ASI yang maksimal.

Selain itu, angka-angka yang ditampilkan pada hasil perhitungan BMI harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan para ahli. Karena setiap nutrisi dan berbagai macam zat yang dibutuhkan pada tubuh tidak bisa ditunjukkan pada angka hasil perhitungan berat badan ini saja. Para ahli gizi tentunya lebih tahu bagaimana memperlakukan tubuh agar seseorang mempunyai berat badan ideal.

  1. Cara Menghitung BMI

Perhitungan BMI ini didasarkan pada hitungan berat badan tubuh dalam kilogram, kemudian dibagi dengan kuadrat tinggi tubuh dalam satuan meter persegi. Dari pengertian tersebut didapatkan sebuah rumus, yaitu:

BMI = kg/m2

Contohnya, ketika seseorang memiliki berat badan 60 kg dan tingginya 160 cm (1,60m), maka untuk menghitung BMI adalah sebagai berikut:

BMI = 60kg / (1,60 x 1,60) = 23, 44

Angka yang dihasilkan ini nantinya dibandingkan dengan standar yang telah dibuat dalam BMI. Dari perbandingan tersebut nantinya akan menunjukkan bahwa seseorang mempunyai berat badan yang kurus, ideal, atau gemuk.

Metode ini bisa dilakukan secara manual atau juga dengan kalkulator yang bisa digunakan secara otomatis. Bahkan sudah banyak aplikasi yang disediakan secara online, sehingga sangat memudahkan siapapun untuk menghitung berat badannya.

  1. Kategori Hasil BMI

Kategori berat badan dari perhitungan BMI memiliki standar yang dibuat oleh para ahli. Berikut ini kategori dari hasil perhitungan BMI.

Standar BMI untuk wanita

Kurus : kurang dari 17

Normal : 17 sampai dengan 23

Kegemukan : 23 sampai dengan 27

Obesitas : lebih dari 27

Standar BMI untuk pria

Kurus : kurang dari 18

Normal : 18 sampai dengan 25

Kegemukan : 25 sampai dengan 27

Obesitas : lebih dari 27

Angka yang semakin tinggi akan menunjukkan risiko terkena obesitas. Sebagai salah satu standar proporsi tubuh, hasil perhitungan ini sebenarnya belum bisa menunjukkan informasi yang lengkap terkait kondisi tubuh.

Dengan hasil perhitungan tersebut dianjurkan bagi seseorang untuk berkonsultasi pada ahli. Sehingga benar-benar mengetahui kondisi tubuh, dan kebutuhan nutrisi untuk tubuh yang tepat.

Itulah beberapa hal mengenai BMI sebagai salah metode sederhana dalam menghitung berat badan. Agar mendapat tubuh yang ideal, seseorang butuh perlakuan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan nutrisi, berolahraga, dan berbagai hal untuk menjaga penampilan.

Ukur Berat Badan Ideal dengan Metode BMI | Makka El Fatih Setiawan | 4.5