Tips Mengajar Drumband SMP Dengan Mudah

Usia anak ketika Sekolah Menengah atau SMP merupakan awal masa untuk berkarya dan mengembangkan kreativitas yang ada pada masing-masing mereka. Ketika telah melewati fase SD, anak usia SMP akan mengikuti banyak ekstra kurikuler yang ada di sekolah. Contohnya saja drumband SMP,  kegiatan satu ini selalu menjadi favorit siswa karena yang dimainkan adalah alat musik. Namun, ternyata untuk melatih dan mengajarkan mereka membutuhkan tips khusus, agar mereka cepat bisa. Seperti apa tipsnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

  1. Mengajarkan konsep dasar drumband

Belajar drumband juga ada konsep tersendiri yang harus dikenalkan terlebih dahulu oleh guru yang mengajar. Anak anak harus terlebih dahulu mengetahui teknik sederhana dalam memukul dan memfungsikan alat-alat drumband tersebut. Jika telah mengetahui konsepnya, mereka akan lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar lebih, memahami setiap pukulan dan irama alat musik, serta akan berlatih lebih dan lebih.

  1. Mengajarkan dengan sabar dan telaten

Anak SMP masih dalam masa peralihan dari masa kanak-kanak sekolah dasar, untuk membuat mereka berlatih harus ada tips tersendiri yang bisa membuat mereka betah berlama-lama berlatih. Guru yang mengajarkan drumband SMP haruslah orang yang memiliki tingkat kesabaran dan ketelatenan yang tinggi. Anak SMP terkadang tidak bisa menangkap pelajaran daam satu kali penjelasan, kesabaran akan membuat mereka terus mau belajar tanpa mengenal rasa bosan. Ketika salah dalam memukul alat musik, bisa diselingi dengan gurauan atau candaan sehingga akan tercipta suasana yang cair dan jauh dari kaku.

  1. Frekuensi waktu latihan lebih sering

Untuk SMP, latihan pada awal harus lebih sering, karena proses latihan merupakan proses pengenalan terhadap alat alat yang digunakan, melatih kekompakan dalam tim, serta bisa digunakan sebagai moment keakraban antar anggota dalam tim. Selain itu, latihan dengan frekuensi yang sering akan lebih membantu anak belajar cepat dan akrab dengan alat musik yang mereka pegang. 

Nah, mengajar drumband SMP pada dasarnya tidaklah susah, hanya butuh ketelatenan dalam proses belajar. Dalam belajar musik drumband dibutuhkan proses panjang yang perlu dilakukan secara terus menerus agar mendapat hasil yang maksimal. Latihan tidak hanya dilakukan saat ada pelatih disekolah. Namun juga bisa dilakukan dirumah masing masing. Seperti melatih kelenturan tangan, kekuatan bahu saat membawa alat dan ritme atau tempo yang stabil dalam sebuah permainan. Untuk latihan dirumah kaliyan bisa membeli alat drumband dengan harga alat drumband yang terjangkau. Tak harus mahal namun mampu menunjang latihan kaliyan. Saat ini banyak Toko Jual marchingband yang menawarkan bayak variasi alat dengan berbagai kualitas dan harga yang berbeda. Hal ini bisa kaliyan manfaatkan untuk mendapatkan alat yang kaliyan butuhkan untuk latihan.

Tips Mengajar Drumband SMP Dengan Mudah | Makka El Fatih Setiawan | 4.5