Tips Mencari Nama Domain Untuk Website Bisnis

Apa langkah pertama ketika ingin memiliki blog atau website? Tentu saja, Anda harus mempunyai konten yang ingin Anda bagikan. Penting juga untuk beli domain dengan nama yang cocok untuk web atau blog Anda. Salah satu alasannya agar pengoptimalan lebih mudah. Oh ya, masalah pemilihan hosting Indonesia jangan diabaikan juga.

Seperti rumah, domain adalah alamat rumah unik yang mewakili merek atau karakteristik personal branding yang dimilikinya. Domain juga dapat memiliki nilai jual tinggi, biasanya nama yang umum atau hanya terdiri dari beberapa huruf saja.

Jika memiliki web bisnis, Anda bisa mengikuti tips di sini dalam hal mencari nama domain yang tepat.

Mencari Nama Domain yang Tepat

Nama domain sangat penting untuk diperhatikan karena bisa menjadi salah satu tahap perkembangan bisnis. Lebih baik jangan pernah mengganti namanya karena nanti akan menyebabkan bisnis tidak bisa dikelola dengan baik. Nama domain juga mencerminkan merek yang kita miliki. Pembelian nama domain juga harus dilakukan dari host penyedia layanan terbaik.

Berikut ini beberapa tips mencari nama domain yang bagus bagi web bisnis Anda agar calon pelanggan penasaran dan langsung tergugah ketika melihatnya.

  1. Langsung pakai nama brand

Cara termudah adalah langsung menggunakan nama merek yang Anda miliki, misalnya Anda punya usaha bernama Makanan Catering, gunakan saja nama itu. Sekali dilihat juga langsung terkesan nama itu benar-benar mewakili bisnis Anda saat ini.

Namun, bagaimana jika namanya sudah ada yang punya? Bisa ditambah nomor yang akan ditampilkan pada alamat dasar. Misalnya menjadi makanancatering21dotcom, nomor 21 misalnya berasal dari nomor alamat tempat usaha Anda.

  1. Memakai tagline

Jika nama domain yang diinginkan sudah digunakan, daripada sulit ditemukan, Anda cukup menggunakan tagline perusahaan. Contohnya brand Chitato punya tagline life is never flat, websitenya bisa menjadi LifeIsNeverFlatdotcom. Tapi harus berhati-hati saat mencoba menggunakan opsi ini, karena tetap harus memilih domain yang sederhana agar lebih baik dan mudah diingat.

  1. Memakai singkatan

Tahu brand KFC yang merupakan kepanajangan dari Kentucky Fried Chicken kan? Dibandingkan kepanjangannya, memang yang lebih terkenal adalah singkatannya. Contoh tersebut bisa Anda jadikan inspirasi sebagai nama domain. Lebih baik dibandingkan menggunakan nama yang panjang dan susah diketik maupun diingat. Selain itu, bisa juga menggunakan akronim. Salah satu contoh web yang menggunakan akronim adalah milik klub sepakbola Persebaya, yang domainnya bernama persebaya.id, dan banyak contoh lainnya.

  1. Menambahkan nama kota

Jika telah mencoba menggunakan ekstensi domain non-.com berkali-kali tetapi namanya tetap tidak bisa dipakai, siasat lainnya adalah menggabungkannya dengan nama kota. Langkah ini juga dapat dianggap sebagai metode optimasi sederhana. Contohnya menjadi makanancateringbandung.com, arti nama tersebut menandakan bahwa usaha itu melayani catering di kota Bandung dan sekitarnya.

Itulah dia tips dalam mencari nama domain untuk website bisnis Anda.

Tips Mencari Nama Domain Untuk Website Bisnis | Khisma Nisa Yuniar | 4.5