Tips Membuat Rumah Tahan Banjir dengan Budget Minim

Jika anda mempunyai rencana untuk membangun rumah pada saat ini? pastinya anda juga memikirkan berbagai macam resiko, salah satunya seperti banjir. Jika kebetulan lokasi yang hendak anda buat untuk mendirikan rumah sangat rawan terhadap banjir, maka sebaiknya anda mempertimbangkannya dengan lebih matang, tentang resiko yang nantinya mungkin saja terjadi.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan jika rumah anda berada dilokasi yang rawan banjir. Jika anda sudah terlanjur membuat rumah pada lokasi yang rawan banjir, maka anda juga tidak perlu kebingungan untuk melakukan renovasi. Anda bisa melakukan beberapa hal seperti yang kami tuliskan dibawah ini.

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir dengan Budget Minim

Membuat Tanggul Depan Rumah

Jika anda mempunyai dana yang lebih, salah satu mengatasi banjir adalah dengan melakukan renovasi rumah dengan meninggikan pada bagian lantai. Akan tetapi jika anda hanya mempunyai budget yang minim, maka hal yang bisa anda lakukan adalah membuat tanggul atau bendungan pada bagian teras rumah maupun pada pintu bagian depan rumah anda.

Bendungan atau tanggul tersebut bisa anda buat dengan karung yang berisi pasir ataupun papan yang cukup rapat. Manfaat dari cara ini adalah untuk menghambat masuknya air pada saat air pasang.

Melakukan Pemeriksaan Pada Saluran Pembuangan

Selanjutnya, selain membuat tanggul, hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah masuknya air pada saat hujan adalah memeriksa saluran pembuangan air, apakah ada penyumbatan sampah pada saluran air atau tidak.

Membuat Biopori

Selain kedua cara diatas, anda juga mengatasi air banjir yang rawan masuk kerumah dengan cara membuat lubang Biopori. Lubang ingin sangat bermanfaat sekali, karea salah satu penyebab terjadinya kebanjiran adalah sebuah permukaan yang dilalui air tidak dapat meresap ke dalam tanah. Untuk membantu peresapannya maka sebaiknya anda membuat lubang tersebut.

Biopori sendiri mempunyai fungsi untuk mengoptimalkan penyerapan air yang ada. Dan biasanya lubang Biopori ini dibuat pada depan rumah tepatnya pada bagian teras.

Untuk cara membuat Biopori sendiri sangat mudah sekali. Silahkan anda membuat lubang dengan kedalaman kurang lebin 100 cm dan silahkan anda isi lubang tersebut dengan menggunakan sisa tanaman atau sampah organik.

Menanam Tanaman Penyerap Air

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan selain melakukan beberapa hal diatas adalah dengan menanam tanaman yang mampu menyerap air. Kenapa kami menyerankan untuk menanam tanaman, karena tanaman sendiri bisa menjadi sebuah solusi yang baik untuk mengurangi efek banjir.

Beberapa tanaman penyerap air yang bisa anda pilih diantaranya adalah akar wangi, pohon jati, pohon mahoni, pohon asam dan juga gula aren.

Nah, itulah beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan untuk membuat rumah tahan banjir dengan budget yang minim. Untuk anda yang mempunyai budget lebih mungkin bisa melakukan banyak hal salah satunya seperti renovasi rumah. Agar perkakasan rumah anda juga lebih awet pastikan anda menggunakan kusen pintu jepara.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua yang saat ini sedang membutuhkan. Terima kasih.

Tips Membuat Rumah Tahan Banjir dengan Budget Minim | Nie Na | 4.5