Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Jika Anda suka memasak, maka kedua bahan ini, yaitu baking soda dan baking powder sering berada di dalam urutan bahan-bahan pada resep. Memang keduanya memiliki nama yang mirip dengan awalan kata baking. Namun begitu ternyata antara baking soda dan baking powder memiliki perbedaan dalam hal kandungan kimiawi dan beberapa alasan lainnya. Untuk itu, sebelum mengganti yang satu dengan yang lain, ada baiknya Anda ketahui dahulu apa saja perbedaan baking soda dan baking powder pada pembahasan berikut ini.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

  1. Komposisi

Baking soda merupakan natrium bikarbonat murni. Manakala baking soda dicampurkan dengan bahan-bahan yang memiliki komposisi lembab dan bahan yang asam, semisal madu, coklat dan yogurt, maka campuran tersebut akan menghasilkan reaksi kimia, yang mana ditandai dengan munculnya gelembung karbon dioksida. Hal ini biasanya dibutuhkan dalam pembuatan roti karena proses panggang akan meningkat.

Yang membedakan baking powder dengan baking soda adalah komposisinya. Jika baking soda hanya terbentuk atas natrium bikarbonat, maka baking powder merupakan bahan yang terbuat dari natrium bikarbonat, asam dan tepung jagung. Asam di sini bisa dari mana saja, semisal krim dari tartar. Sedangkan untuk tepung jagung sendiri nantinya berguna untuk menyerap kelembaban. Oleh sebab itu, manakala baking powder digunakan, adonan harus segera dioven.

  1. Penggunaan

Perbedaan baking soda dan baking powder selanjutnya ada pada penggunaannya. Memang, kedua bahan ini sering digunakan pada resep kue dan biskuit, namun cita rasanya akan berbeda. Jadi mungkin pada satu jenis kue, keduanya bisa digunakan. Namun pada jenis yang lain mungkin hanya salah satu yang boleh digunakan, kecuali jika Anda ingin mendapatkan kue yang tidak lezat.

Biasanya baking soda digunakan sebagai bahan dasar, dan nantinya akan menghasilkan rasa pahit pada adonan. Oleh sebab itu, dibutuhkan bahan lainnya untuk memberikan rasa asam, semisal buttermilk, krim asam, jus lemon, cuka dan yogurt. Berbeda halnya dengan baking powder yang memiliki kandungan asam dan basa, sehingga efeknya akan netral dalam segi rasa. Oleh sebab itu, baking powder lebih sering digunakan bersama dengan susu dan bahan tidak berasa lainnya.

  1. Kadaluarsa

Bisa dibilang kedua bahan ini, yaitu baking soda dan baking powder dapat kadaluarsa. Namun menurut penelitian disebutkan bahwa baking powder lebih mudah rusak. Oleh sebab itu, para ahli menyarankan untuk menyimpan baking powder pada area yang benar-benar kering dan sejuk. Anda juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa pada kaleng kemasan. Pada umumnya 3 bulan adalah waktu kadalursa dari baking powder. Namun waktu ini bisa lebih cepat manakala lingkungan penyimpanannnya lembab. Sedangkan untuk baking soda, bahan ini dipercaya dapat tahan cukup lama. Lebih lagi jika disimpan dalam keadaan tersegel dan ditempatkan di tempat yang sejuk dan kering.

Semoga bermanfaat. 🙂

TAG

ciri ciri baking soda,Ciri Baking soda,ciri ciri soda kue,ciri2 baking soda,ciri ciri baking powder,ciri baking powder,perbedaan baking soda dan baking powder,ciri soda kue,ciri-ciri baking soda,###################################
Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder | Balqish Annur Qaishah | 4.5