Panduan Strategi MPASI Yang Tepat Bagi Bayi

Ketika usianya 6 bulan, biasanya bayi mulai bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pemberian MPASI sebaiknya sesuai dengan jadwal MPASI dan diberikan secara bertahap.

Namun jangan lupa karena dikatakan sebagai pendamping ASI, pemberian makanan bayi ini tentu harus tetap dilakukan bersamaan dengan ASI. Supaya pemberian makanan bisa lebih optimal untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, berikut informasi lengkap yang perlu orangtua pahami.

Berikut beberapa strategi pemberian MPASI untuk bayi:

1. Tepat waktu

Mengulang hal sebelumnya, makanan pendamping ASI memang ada baiknya diberikan di waktu yang tepat alias tidak terlalu cepat atau lambat.

Dengan catatan, hal ini disesuaikan kembali dengan kondisi kesehatan si kecil.

Dalam beberapa kasus tertentu, dokter bisa saja menyarankan Anda untuk memberikan makanan pendamping ASI sebelum 6 bulan.

2. Memadai

Makanan pendamping ASI sebaiknya memenuhi kebutuhan energi, protein, mineral, dan vitamin untuk bayi.

Dengan kata lain, berikan menu MPASI yang terdiri atas berbagai sumber makanan.

3. Aman dan higienis

Segala proses dalam menyimpanan makanan bayi, mengolah, hingga menyajikan makanan padat sebaiknya dilakukan secara aman dan higienis.

Artinya, Anda sangat disarankan untuk menggunakan, cara, bahan, serta peralatan MPASI yang aman dan bersih.

4. Pemberiannya secara responsif

Sama halnya seperti pemberian ASI, makanan padat yang Anda sajikan untuk si kecil juga sebaiknya mengikuti tanda bayi lapar dan kenyang.

Jadi, ada baiknya untuk memberikan makanan saat bayi sedang lapar dan hindari memaksanya makan ketika ia sudah kenyang.

Buatlah Menu MPASI 6 bulan dengan komposisi gizi yang tepat serta tekstur yang sesuai dengan umurnya. Kandungan yang harus terdapat dalam MPASI adalah karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Selain memperhatikan kecukupan gizi pada bayi, perlu juga memperhatikan kesehatan lainnya seperti kesehatan kulit bayi yang cukup sensitif.

Gunakanlah pakaian serta popok yang berbahan baik khusus untuk bayi. Penggunaan popok yang baik dan sesuai standar seperti Popok Merries akan membuat bayi menjadi nyaman serta kulitnya yang masih sensitif akan aman. Untuk itu gunakanlah popok bayi yang berkualitas baik, tak mudah bocor dan lembab agar kulit bayi terjaga.

Panduan Strategi MPASI Yang Tepat Bagi Bayi | Makka El Fatih Setiawan | 4.5