Mengenali Virus Zika di Indonesia

Mengenali Virus Zika di Indonesia – Dunia kesehatan Indonesia di gegerkan oleh temuan virus yang di ungkap oleh Deputi Direktur Eikjman Institute Herawati Sudoyo Ph.D yang menyampaikan bahwa lembaga kesehatan ini telah menemukan kembali virus Zika Indonesia tepatnya di Jambi pada tahun 2015 lalu. Sangat mengejutkan karena virus berbahaya ini biasanya menjadi edemik di Afrika. Virus Zika Indonesia ini di katakan penularannya melalui nyamuk aedes aegypty.

Efek Virus Zika Terhadap Kehamilan
Dilansir dari halaman resmi Departemen Kesehatan Indonesia mengatakan bahaya terbesar dari penyerangan virus zika indonesia ini muncul pada ibu hamil, karena ibu hamil yang positif memiliki virus ini kemungkinan besar menularkan virus tersebut pada janin. Virus zika akan menyerang jaringan otot dan sistem saraf otak pada janin, janin yang positif terkena virus zika yang tertular dari ibunya akan mengalami cacat mikrosefalus atau mudahnya bayi mempunyai ukuran otak yang kecil.

Mengenali Virus Zika Indonesia

Brazil adalah salah satu negara dengan kasus virus zika paling tinggi pada tahun 2015. Dari pemberitaan CNN ada lebih dari 500 kasus ibu hamil yang positif terjangkit virus zika ini dan di perkirakan ada 4000 kasus anak yang terlahir cacat di sepanjang tahun 2015-2016. Namun efek terhadap wanita hamil hanyalah salah satu dari potensi bahaya virus zika ini. Sebagai peringatan untuk Anda, ada 4 gejala virus zika Indonesia yang harus Anda.

Gejala Virus Zika
Kesamaan gejala virus zika Indonesia dengan gejala demam berdarah sama-sama di mulai dengan demam, linu pada sendi-sendi tulang, mual, pusing, dan sakit hebat di bagian perut. Namun virus zika memiliki gejala khas yang membedakannya dengan virus demam berdarah. Beberapa gejala khusus dari virus zika ini antara lain:

  • Demam pada virus ini tidak terlalu tinggi maksimal hanya sampai pada suhu 38 derajat celsius
  • Munculnya ruam pada kulit dengan bentuk makulapapular atau ruam besar berwarna merah tua dan coklat
  • Rasa nyeri pada sendi dan juga otot, bahkan di sertai dengan lebam dan bengkak seperti kena benturan ataupun keseleo
  • Mata kemerahan pada bagian dalam kelopak bagian dalam sebagai salah satu tanda kemunculan ruam pada kelopak mata

Dengan banyaknya informasi dalam gejala virus maupun bahaya virus ini membuat Anda harus ekstra hati-hati. Nyamuk memang di nilai sebagai hewan kecil berparasit yang kalau di biarkan saja akan sangat membahayakan kehidupan Anda dan keluarga Anda. Karena virus yang di tularkan sangat berbahaya bahkan menyebabkan kematian.

Mengenali Virus Zika di Indonesia | Rico Tim Penulis | 4.5