Mengenal Ginjal, Bagian dan Fungsinya

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berada di bagian bawah tulang rusuk dan ada dibelakangnya. Atau juga terletak didekat punggung bagian tengah atau diantara sisi-sisi tulang belakang.

Jika dilihat dari perannya, ginjal bisa dibilang salah satu organ tubuh yang punya peran cukup vital bagi keberlangsungan tubuh ini. Fungsi ginjal ini mencakup banyak hal untuk kesehatan tubuh manusia.

Setiap manusia memiliki sepasang ginjal pada bagian kanan dan juga kiri. Jika anda mengepalkan tangan anda, maka sebesar itulah kurang lebihnya ukuran ginjal di tubuhmu.

Hal yang luar biasa dari organ ini yaitu punya kurang lebih 1 juta nefron yang punya fungsi luar biasa dalam menyaring darah. Sedangkan darah adalah salah satu cairan terpenting dalam keberlangsungan hidup manusia.

Fungsi Ginjal untuk Manusia

Sebanyak 200 liter darah yang bisa disaring ginjal setiap harinya. Banyak fungsi dari ginjal selain itu bisa menyeimbangkan kadar asam lambung, menyaring darah, megubah vitamin D pada tubuh. Berikut adalah fungsi lain dari ginjal :

1. Membuang Limbah atau Menyaring

Ginjal adalah salah satu anggota tubuh yang sangat penting, yang mana gijal bisa berfungsi membuang racun pada tubuh, urea limbah yang mengandung nitrogen yang dapat menghasilkan metabolisme protein yang mana urea tersebut terbentuk dari darah yang dapat mengalirkan urea terhadap ginjal yang akan di buang, tanpa adanya ginjal tubuh akan menyimpan racun dan limbah yang akan menumpuk dalam darah dan fungsi ginjal juga dapat mengatur kadar garam pada tubuh yang berlebihan.

2. Membantu Menyeimbangkan Air

Fungsi ginjal yang selanjutnya adalah dapat membantu menyeimbangkan kadar air pada tubuh. Melalui organ ginjal sudah dapat kita pastikan seluruh jaringan yang ada pada tubuh dapat menerima air, yang mana air tersebut mengalir keseluruh organ tubuh agar organ tersebut dapat bekerja dengan baik. Ginjal juga bisa memiliki reaksi pada perubahan kadar air di dalam tubuh kita. Ginjal bisa menahan air saat tubuh bereaksi mengalami dehidrasi.

3. Mengatur Jaringan Sel Darah Merah

Oksigen adalah salah satu unsur yang sangat penting untuk peredaran darah. Pada saat tubuh mengalami kekurangan oksigen, maka secara otomatis ginjal akan membantu mengeluarkan hormon eritropoietin. yang mana hormon tersebut dapat berfungsi merangsang sel darah merah yang banyak dan bisa berguna membawa oksigen. jika kadar oksigen dan sel darah merah sudah normal kembali, hormon eritropoietin akan berhenti di produksi ginjal.

4. Mengatur Tekanan Darah dan Kadar Garam

Fungsi ginjal selanjutnya yaitu mengatur tekanan darah serta mengatur jumlah kadar garam dalam tubuh. Saat ginjal menyaring darah, ginjal menghasilkan enzim bernama renin. Dalam proses itulah ginjal akan mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia dan juga mengatur kadar garam.

Bagian Ginjal Manusia

Berdasarkan klarifikasinya, ginjal manusia dibagi menjadi 3 bagian yaitu ginjal korteks, medula dan pelvis.

1. Korteks

Bagian ginjal pertama bernama korteks. Ini merupakan bagian paling luar dari ginjal. Bagian ini dikelilingi oleh lemak dan juga kapsul ginjal. Karena bagian terluar tentu saja fungsinya yaitu melindungi struktur ginjal bagian dalam dari hal-hal yang bisa membahayakan ginjal.

2. Medula

Bagian kedua bernama medula. Nama lain dari medula yaitu lengkung henle dan piramida ginjal. Ini adalah struktur paling kecil yang didalamnya terdapat tubulus dan juga nefron.

3. Pelvis

Bagian ketiga ginjal bernama pelvis. Ini adalah bagian terdalam dari ginjal manusia. Bentuknya seperti corong dan memiliki fungsi sebagai jalur berpindahnya cairan dari ginjal menuju ke kantung kemih.

Demikian tadi ulasan mengenai ginjal, bagian dan fungsinya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Mengenal Ginjal, Bagian dan Fungsinya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5