5 Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan

Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan – Terapi lintah termasuk pengobatan yang populer di Indonesia dan beberapa negara. Meski banyak orang yang merasa geli dan jijik melihat tubuhnya yang berlendir. Seperti apa manfaat terapi lintah? Bisa mengobati penyakit? Artikel ini akan membahasnya.

Terapi menggunakan hewan ini sebenarnya sudah ada sejak lama tapi mulai dikenal lagi sejak 1970-an. Seberapa istimewanya binatang ini dan apa penyakit yang bisa disembuhkan? Langsung saja , berikut pembahasannya.

manfaat-terapi-lintahManfaat Terapi Lintah bagi Tubuh

  • Hindari komplikasi diabetes

Para penderita diabetes punya risiko komplikasi yang lumayan beasar. Salah satunya gangguan pada pembuluh darah yang membuat darah di tubuh terhambat mengalir. Seperti yang ke kaki, tangan, juga jari-jari. Hal ini bisa membuat jaringan mati. Inilah alasan kenapa penderita diabetes lumayan banyak yang diamputasi.

  • Menangani penyakit kardiovaskular dan gangguan sirkulasi

Selain bisa meningkatkan peredaran darah, lintah juga dapat mencegah sumbatan. Untuk fungsi ini, termasuk yang paling banyak dilakukan. Pada air liur lintah ada efek antiperadangan, afek anestesi, juga pelebaran pembuluh darah.

  • Mencegah penyumbatan darah dan mengencerkannya

Air liur dari lintah akan mengeluarkan 60 jenis protein yang akan disalurkan ketika dia menghisap darah manusia. Nantinya dapat mengencerkan darah juga membuat peredaran darah pada bagian tubuh yang luka meningkat. Selain protein juga ada peptida yang bisa membuat penyumbatan darah dicegah. Risiko kematian jaringan akan terhindari.

terapi-lintah-untuk-jerawat

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat ini, pada banyak bedah mikro juga tindakan bedah plastik memanfaatkan terapi ini. Manfaat terapi lintah akan memulihkan luka dengan cara menjaga peredaran darah. Contoh tindakan bedah yang memakai ini adalah rekonstruksi bibir, hidung, telinga, kelopak mata, dan melekatkan jari putus.

  • Cegah penuaan

Jika Anda ingin melakukan perawatan antipenuaan maka bisa juga gunakan terapi ini. Jika Kim Kardashian menggunakan darahnya sendiri untuk membuatnya awet muda maka Anda bisa menggunakan lintah untuk membersihkan darah tubuh Anda. Selesai melakukan terapi ini seseorang akan terlihat lebih segar dari sebelumnya.

Tidak semua lintah bisa dimanfaatkan sebagai bahan terapi. Jenis-jenisnya hanya dari spesies hirudo. Seperti hirudo orientalis, hirudo medicalis, hirudo verbana, dan hirudo troctina. Itu pun harus yang dikembangkan pada lingkungan khusus. Bekas gigitan lintah ini memang akan terlihat tapi bisa sembuh dan hilang.

Risiko Terapi Lintah

Meski manfaat terapi lintah ada banyak, ada beberapa risiko yang mungkin saja terjadi. Namun umumnya terapi ini punya risiko efek samping yang sangat kecil.

Sebelum memutuskan melakukan terapi ini maka Anda harus berkonsultasi pada dokter. Tanyakan info, keamanan, juga efektivitasnya. Jenis lintah yang digunakan sama-sama harus diperhatikan. Lintah yang ada di lingkungan bebas tidak bisa digunakan karena malah bisa memberikan dampak buruk.

Risiko yang mungkin bisa terjadi karena terapi ini adalah alergi juga pendarahan berkepanjangan. Ada juga infeksi bakteri jika bakteri tidak mempan dengan obat-obatan.

Jadi sekali lagi, meski mempunyai manfaat yang lumayan banyak tapi jangan langsung memutuskan untuk melakukannya. Lebih baik cari dulu informasi sebanyak-banyaknya, bisa juga testimoni orang-orang yang pernah melakukannya. Mungkin Anda akan menemukan yang gagal menjalani terapi ini.

Demikianlah artikel mengenai manfaat terapi lintah. Setelah mengetahui manfaatnya apakah Anda ingin mencoba melakukannya? Memang terlihat menjijikan dan mungkin membuat Anda takut tapi jika memang ini cara terbaik yang bisa dilakukan tentu Anda harus mengesampingkan rasa tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan memberikan solusi.

5 Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5