11 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh – Indonesia memiliki begitu banyak tanaman yang dapat dimanfaatkan. Baik untuk kesehatan, kecantikan, atau masakan. Tanaman yang akan dibahas di sini bernama temulawak. Tanaman asli Indonesia ini punya begitu banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat temulawak? Artikel ini akan membahasnya.

Pada tanaman yang hidup di ketinggian 5 – 750 meter di atas permukaan laut ini ada begitu banyak manfaatnya. Berbagai jenis penyakit dapat dicegah bahkan disembuhkan. Tanpa basa-basi lebih banyak lagi, ini dia berbagai manfaat temulawak.

manfaat-temulawakKhasiat Temulawak untuk Kesehatan

  • Atasi mual

Jika Anda merasakan mual maka bisa manfaatkan temulawak. Mual apa saja juga bisa diobati, terutama morning sickness.

  • Kurangi kelelahan otot

Jika Anda lelah otot seperti setelah latihan fitness secara serius bisa gunakan ramuan temulawak.

  • Obati bisul

Untuk mengobati atau menghilangkan bisul Anda bisa konsumsi air rebusan temulawak. Pertama, temulawak harus dicuci dulu baru dikupas. Tambah sedikit gula aren juga air sebanyak dua gelas. Rebus hingga airnya jadi lebih sedikit, jika sudah angkatlah. Tambahkan lagi dengan bahan lain, yaitu asam Jawa. Jika sudah dingin saring lalu minum semuanya sampai habis.

  • Redakan asma

Gunakan juga air rebusannya. Untuk ini gunakan temulawak sebanyak setengah rimpang lalu cuci. Kupas temulawaknya kemudian diiris. Campurkan pada air sebanyak lima gelas dan masukkan gula aren sesuai keinginan. Rebus juga airnya sampai sisa sedikit. Minum larutan ini, seharinya tiga kali saja.

  • Mengobati sakit ginjal

Sama seperti cara-cara di atas hanya jumlah air dan bahan pelengkapnya yang beda. Untuk ini gunakan air sebanyak empat gelas kemudian campur dengan daun kumis kucing juga daun meniran, masing-masing gunakan segenggam. Rebus hingga sisanya setengah. Minum sehari tiga kali juga.

  • Menyembuhkan hepatitis

Gunakan dua jari temulawak kemudian cuci sebelum dikupas. Masukan ke dalam air sebanyak setengah liter tapi iris dulu temulawaknya. Tambah dengan gula aren sedikit saja. Rebus sampai jumlah airnya ada setengah. Minum sehari dua kali.

  • Lawan kanker

Manfaat temulawak yang paling hebat salah satunya untuk obati kanker. Kanker yang dimaksud adalah prostat serta yang menyerang hormon lainnya. Zat curcumin yang akan menghambat tumbuhnya sel kanker itu. Menurut penelitian, semua tanaman herbal dapat hentikan pertumbuhan dari pembuluhan darah. Termasuk temulawak.

ramuan-dari-temulawak

  • Turunkan lemak darah

Kadar lemak darah dan kolesterol dapat diturunkan menggunakan fraksi kurkuminoid yang dihasilkan temulawak. Dengan begitu sistem kardiovaskuler tubuh manusia dan kesehatan jantung akan jadi bekerja dengan baik.

  • Kurangi radang sendi

Selain fungsi di atas, kandungan kurkumin temulawak juga bisa mengurangi radang nyeri dan sendi. Oleh fungsinya sama dengan fenibutazon sejumlah 100 mg. Zat ini akan menghambat perpindahan sel-sel leuksit menuju daerah yang mengalami peradangan. Dengan demikian para penderita radang sendi bisa merasa lebih baik.

  • Pelihara fungsi hati

Zat temulawak bernama katagoga adalah yang bermanfaat untuk ini. Fungsinya adalah dengan merangsang pengosongan pada kandung empedu. Temulawak bisa membuat kadar SGOT dan SGPT jadi turun akibat enzim yang dihasilkannya.

Selain manfat-manfaat itu, bisa juga untuk mengobati komedo, jerawat, melancarkan haid, mencegah darah kotor, antioksidan, bersihkan wajah, tingkatkan mood, untuk kecantikan, cegah insomnis, dan tingkatkan nafsu makan.

Namun, dibalik semua manfaat tersebut bisa saja terjadi efek samping pada tubuh. Hal ini bisa terjadi jika yang dikonsumsi ada dalam jumlah banyak serta waktu yang lama. Efek samping yang dimaksud adalah mual juga iritasi lambung. Jadi, jangka waktu pengonsumsian maksimalnya adalah 18 minggu.

Itulah dia apa saja manfaat temulawak yang sangat berguna untuk kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

11 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh | Khisma Nisa Yuniar | 4.5