11 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan – Minyak kayu putih termasuk obat yang sering dipakai di Indonesia. Minyak ini berasal dari bagian daun kering dan ranting pohon kayu putih. Kebanyakan orang akan menggunakannya untuk menghangatkan badan, atau menghilangkan gatal karena gigitan serangga. Namun selain itu, masih ada banyak manfaat minyak kayu putih. Artikel ini akan membahasnya.

Banyak sekali kandungan dari minyak kayu putih sehingga memengaruhi jumlah manfaatnya yang banyak. Kandungan-kandungannya antara lain antioksidan, astringent, anti-inflamasi, antispasmodic, tonic, vulnerary, insektisida, antipiretik, karminatif, antiseptik, antineuralgic, dan lain sebagainya. Untuk manfaat-manfaatnya sebagai berikut.

manfaat-minyak-kayu-putih

Manfaat Minyak Kayu Putih

  • Hilangkan gejala demam

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mencampurkan kayu putih ke larutan air dingin lalu kompreskan ke yang sakit. Kayu putih ini akan membuat kulit mengalami efek dingin.

  • Mengobati pusing

Kayu putih termasuk sering digunakan untuk hal ini, mengobati pusing atau sakit kepala. Cara menggunakannya hanya tinggal mengoleskan minyak ini ke bagian leher belakang, dan samping. Dengan begitu akan merasakan udara segar sehingga sistem pernapasan jadi rileks. Jika tubuh tenang bisa membuat rasa pusing jadi berkurang.

pohon-kayu-putih

  • Menghilangkan gangguan pada perut

Kayu putih bisa membuat tubuh hangat, jika dioleskan pada perut bisa mengurangi penyakit-penyakit seperti masuk angin, kembung, sakit perut, dan mual.

  • Sebagai aromaterapi

Salah satu sifat kayu putih adalah antimikroba, dan antibakteri yang biasanya digunakan sebagai bahan pada produk deodoran, sabun, parfum, dan lotion. Kayu putih juga akan membuat rasa tenang muncul. Apalagi sekarang ada produk kayu putih dengan wangi aromaterapi.

  • Mengurangi sakit gigi

Efek kayu putih ada yang mirip dengan cengkeh sehingga dapat mengurangi sakit gigi. Cara meredakannya bisa dengan mencampurkan kayu putih pada tumbukan kunyit. Letakkan ramuan itu pada gigi yang sedang sakit. Bisa juga dengan meneteskan minyak kayu putih ke kapas lalu letakkan di gigi yang sakit.

Kayu putih juga bisa meredakan gusi nyeri karena gigi yang tanggal, dan membunuh kuman yang ada di dalam mulut.

  • Mengatasi kulit berminyak

Mungkin manfaat minyak kayu putih ini bisa dianggap aneh oleh Anda. Namun memang benar adanya. Oleh karena minyak kayu putih mempunyai sifat astringent yang dapat mengurangi minyak di wajah. Campurkan kayu putih ke air kemudian dioleskan ke wajah dengan kapas.

  • Menghilangkan ketombe

Untuk menghilangkan ketombe, Anda bisa gunakan kayu putih bersama shampo. Pijat kepala beberapa saat lalu diamkan minimal 3 menit sampai 5 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

  • Cegah infeksi luka

Kandungan antiseptik pada minyak kayu putih yang bisa mencegah infeksi akibat luka bakar atau gores. Tambahkan sedikit minyak kayu putih ke air lalu cuci luka.

  • Meringankan nyeri punggung

Beberapa rasa nyeri bisa dihilangkan karena kayu putih seperti arthritis, cidera, nyeri punggung, gout, dan masalah-masalah syaraf. Ini karena kayu putih punya sifat anti-inflamasi yang membantu menetralkan rasa sakit.

  • Kurangi risiko pingsan dan kejang

Kejang bisa menjadi sesuatu yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Untuk mengurangi risikonya, bisa oleskan sedikit minyak kayu putih ke sekitar bibir, dan bawah hidung.

  • Ringankan kram otot

Tambah minyak ini ke air hangat ke air mandi supaya otot kram bisa berkurang. Anda bisa berendam di dalam air tersebut kemudian pijat pada otot yang kram dengan perlahan.

Demikianlah beberapa Manfaat Minyak Kayu Putih yang bisa menjaga kesehatan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

11 Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5