8 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan – waktu belakangan, khasiat dari kulit manggis semakin populer karena adanya iklan di televisi yang lumayan terkenal. Oleh karena itu semakin banyak merk obat ekstrak kulit manggis yang dijual. Memangnya apa saja manfaat kulit manggis? Artikel ini akan membahasnya.

Iklan yang mempromosikan produk dengan manfaat kulit manggis yang sering Anda lihat bukan omong kosong. Oleh karena benar, kulit manggis bermanfaat sekali. Di bawah ini adalah daftar penyakit yang bisa disembuhkan dan dicegah kulit manggis.

Khasiat Kulit Manggis untuk Kesehatan

ekstrak-kulit-manggis

  • Lumayan banyak wanita yang mengalami masalah ketika haid, contohnya nyeri yang terlalu menyakitkan, haid sedikit, tidak teratur, juga terlambat datang bulan. Nah, supaya haid lancar Anda bisa menggunakan kulit buah ini.
  • Turunkan diabetes. Kadar gula yang berlebihan pada darah termasuk yang menjadi awal munculnya penyakit stroke juga jantung. Sebelum menjadi bertambah parah maka segera konsumsi kulit manggis supaya kadar gula bisa dikurangi serta dikeluarkan lewat air seni.
  • Membantu kekebalan tubuh. Untuk melakukan tugas ini, antioksidannya yang bekerja. Di dalam kulit manggis ada antioksidan aktif yang mampu membuang radikal bebas dan melindungi tubuh dari segala penyakit berbahaya.
  • Manfaat satu ini yang paling banyak ingin dirasakan oleh wanita, yaitu meremajakan kulit. Selain untuk kekebalan tubuh, antioksidan kulit manggis juga bisa membuat kulit pengonsumsinya kencang dan bersinar meski sudah dalam usia yang tua. Nantinya, kulit manggis yang dikonsumsi akan meregenerasi kulit mati.
  • Kulit manggis bisa untuk atasi penyakit diare. Alasannya karena dalam manggis ada kandungan senyawa yang bisa hilangkan bakteri penyebab diare juga membantu pencernaan tubuh.
  • Selain untuk obati penyakit kanker, penyakit jantung juga bisa dicegah dengan bahan ini.
  • Dibandingkan dengan buah yang lain, manggis terbukti paling ampuh mencegah serta mengobati kanker. Zat xanthone dalam manggis punya kemampuan untuk menjadi “senjata” pemusnah kanker.

Membuat Ramuan Kulit Manggis Sendiri

Apabila Anda ingin mencoba sendiri membuat ramuan kulit manggis, bisa saja. Caranya juga tidak sulit. Pasti bisa lebih ampuh dibandingkan menggunakan ekstrak yang sudah dijadikan obat karena tanpa melalui proses kimia apa pun. Berikut ini langkah-langkahnya.

Anda harus siapkan kulit manggis yang jumlahnya disesuaikan, bisa dua atau tiga buah saja. Lalu kerok bagian dalamnya karena memang itulah yang berfungsi. Lagi pula bagian luarnya juga keras jadi jika dibuat ramuan jadinya tidak enak dan tidak halus. Kemudian blender. Tambahkan dengan beberapa bahan seperti alpukat, cokelat, susu, madu, atau apa pun itu sebagai pemanis. Jika tanpa campuran maka rasanya akan sangat pahit dan kebanyakan dari Anda pasti tidak suka.

Jika sudah halus, tuangkan ke dalam gelas lalu siap untuk diminum. Rasanya memang tidak terlalu enak meski sudah dicampur dengan bahan lain tapi khasiatnya sangat ampuh. Jika tidak suka coba tutup hidung saat meminumnya tapi tetap, nantinya masih terasa di lidah dan tenggorokan.

Anda harus ketahui bahwa kadang ada efek samping yang ditimbulkan seperti alergi ringan. Ciri-cirinya kulit jadi merah, gatal, bengkak, juga bersisik. Juga alergi berat yang akan disertai dengan nyeri sendi, sakit kepala, dan mual.

Itulah dia apa saja manfaat kulit manggis. Boleh saja Anda mengonsumsi ekstraknya yang banyak diiklankan tapi tetap pantau bahan pengawet dan kimianya. Jika ingin manfaatnya lebih terasa lebih baik buat sendiri saja ramuannya meski tidak praktis dan terasa kurang enak. Memang obat itu tidak ada yang enak kan? Semoga bermanfaat!

8 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5