Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuh – Dibandingkan dengan kacang kedelai, bogor, kapri, dan tanah, di Indonesia, kacang polong tidak begitu populer. Di luar negeri kacang ini biasa dimasak bersama dengan bahan makanan yang lain, contohnya steak. Selain enak, kacang polong juga kaya akan manfaat. Apa saja manfaat kacang polong? Artikel ini akan membahasnya.

Kacang Polong untuk Kesehatan Tubuh

Ada begitu banyak manfaat kacang polong yang perlu Anda ketahui. Oleh karena penting sekali bagi kesehatan. Berikut ini daftar-daftar manfaat tersebut, siapa tahu Anda memang sedang ingin mencari cara untuk mencegah atau mengobati penyakit tertentu.

manfaat-kacang-polong

Manfaat Kacang Polong

  • Membuat daya tahan tubuh meningkat

Di dalam kacang polong ada banyak kandungan antioksidan seperti flavonoid, karotenoid, asam fenoleat, dan polifenol. Zat-zat tersebut bisa membuat berbagai sel yang rusak kembali beregenerasi. Antioksidan banyak digunakan pada produk kecantikan agar membuat kulit terjaga elastisitasnya.

  • Mencegah sembelit

Konstipasi maksudnya adalah sembelit. Merupakan penyakit yang terjadi karena melambatnya pergerakan pada usus jadi feses yang dikeluarkan kering dan keras. Penyebab utama dari munculnya penyakit itu adalah kurangnya konsumsi serat. Di dalam kacang polong terdapat banyak sekali kandungan serat, jumlahnya sekitar 8,3 gram untuk setiap 100 gram konsumsi kacang polong. Itulah kenapa salah satu manfaat kacang polong adalah mencegah sembelit.

kacang-polong-untuk-kesehatan-tubuh

  • Pengganti daging

Jika Anda vegetarian atau ingin diet maka bisa mengonsumsi kacang polong sebagai pengganti daging. Mengapa demikian? Oleh karena ada protein di kacang polong. Protein punya manfaat untuk mengurangi nafsu makan, dan pembakran lemak. Konsumsi kacang polong sebelum makan berat, 2-3 jam sebelumnya.

  • Cegah penyakit jantung

Sakit jantung bisa dicegah dengan berbagai zat yang juga mampu melawan kolesterol. Antara lain lemak tak jenuh, sapion, omega 3, fitonutrien, dan flavonal. Zat untuk mencegah pembekuan darah yang termasuk penyebab sakit jantung yang paling bermanfaat adalah flavanol.

  • Cegah osteoporosis

Osteoporosis disebabkan oleh homosistesin. Dengan kandungan folat dalam kacang polong bisa mengubah homosistesin jadi metionin. Kadar homosistesin yang ada di dalam darah jadi naik jika tubuh kurang mengonsumsi folat sehingga penyakit osteoporosis mudah datang.

  • Turunkan kadar gula darah

Protein dan serat yang terdapat pada kacang polong bisa membantu ginjal untuk mengendalikan gula darah. Untuk melakukan hal itu juga bisa dilakukan dengan diet tinggi protein.

  • Regenerasi sel tubuh yang rusak

Selain pada buah-buahan, kacang polong juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu membuat regenerasi sel tubuh yang rusak. Maka dari itu, vitamin ini sangat berguna bagi kecantikan. Contohnya untuk mengembalikan kondisi rambut yang rusak, kulit kusam, serta membuat kulit kencang.

  • Melindungi mata

Dalam kacang polong ada kandungan beta karoten yang biasa terkandung pada buah berwarna kuning, merah, dan sayuran. Fungsi dari zat itu adalah mengubah zat warna di buah, dan sayuran jadi vitamin A. Nah, vitamin A itulah yang membuat kesehatan mata terjaga.

  • Tingkatkan masa otot

Kacang polong punya protein nabati yang jumlahnya paling tinggi daripada sayuran jenis lain. Sebanyak 8 gram protein ada dalam 100 gram kacang polong. Jumlah itu hampir sama dengan 9 gram protein dari 28 gram daging sapi. Kandungan tersebut sudah cukup bisa penuhi kebutuhan protein sehari-hari manusia.

Itulah apa saja manfaat kacang polong yang sangat penting bagi tubuh. Anda bisa menjadikan kacang polong sebagai menu andalan jika sedang ingin mendapatkan manfaat-manfaat di atas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Manfaat Kacang Polong bagi Kesehatan Tubuh | Khisma Nisa Yuniar | 4.5