7 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan – Pasti Anda banyak yang sudah pernah mengonsumsi kacang merah. Selain untuk makanan, kacang merah juga populer untuk membuat minuman. Bukan hanya enak tapi juga banyak manfaatnya. Apa saja manfaat kacang merah? Artikel ini akan membahasnya.

Di dalam kacang merah ada sangat banyak gizi sehingga menyehatkan. Untuk mencegah berbagai penyakit Anda bisa mengonsumsi tumbuhan yang termasuk polong-polongan ini. Berikut ini apa saja manfaat kacang merah.

Khasiat Kacang Merah untuk Kesehatan

manfaat-kacang-merah

  • Membuat energi tubuh meningkat

Di dalam kacang merah ada zat besi yang sangat banyak. Kandungan ini bisa membuat kebutuhan energi tercukupi dan membantu proses metabolisme tubuh. Jika mengonsumsi satu cangkir kacang merah maka akan mendapatkan zat besi sebanyak 5 mg. Besaran itu setara dengan kebutuhan nutrisi harian sebesar 30 persen.

Agar peredaran oksigen menuju tubuh baik maka zat besi diperlukan karena memang peranan lain darinya itu mengangkut oksigen yang berasal dari paru-paru menuju semua sel tubuh.

  • Menjadi sumber protein nabati

Semua jenis kacang-kacangan pasti mempunyai protein yang lengkap juga asam amino yang penting sekali untuk perbaikan gizi. Anda dapat konsumsi kacang merah ini dengan beberapa jenis biji-bijian lain sebagai pelengkap. Anda bisa tambahkan dengan beras merah.

olahan-kacang-merah

  • Mengandung banyak antioksidan

Kegunaan dari antioksidan adalah menjaga fungsi berbagai sel agar bisa mencegah tubuh dari terpaparnya radikal bebas.

Jumlah antioksidan yang ada pada kacang merah sangat banyak, bahkan paling banyak dibandingkan makanan lain. Kualitas antioksidannya juga lebih baik daripada buah-buahan, contohnya, cranberry, blueberry, dan ceri.

  • Membuat memori otak jadi optimal

Dalam kacang merah juga ada vitamin B. Fungsinya berhubungan dengan sel-sel dan saraf-saraf dalam otak. Vitamin B yang paling baik itu adalah Thiamin karena punya kontribusi besar untuk reaksi enzimatik yang memang penting sekali bagi fungsi sel otak. Penyakit alzheimer juga bisa dicegah dengan makanan ini.

  • Kontrol gula darah

Untuk melakukan hal ini, kandungan kacang merah yang berperan adalah serat. Serat akan mengeluarkan kolesterol lewat pencernaan sebelum tubuh sempat menyerap. Jika sebuah makanan itu tinggi serat maka akan lambat untuk dicerna. Itulah dia alasan kenapa kacang merah jadi makanan yang cocok untuk para penderita diabetes.

  • Sehatkan pencernaan

Sudah disebutkan tadi bahwa kacang merah punya banyak serat maka manfaat kacang merah lainnya adalah untuk menyehatkan pencernaan. Serat akan membantu kinerja usus supaya berjalan dengan lancar. Hasilnya adalah buang air besar jadi lancar sehingga risiko kanker usus besar akan lebih banyak berkurang.

Cara Mengonsumsi Kacang Merah

Supaya kandungan nutrisi dalam kacang merah bisa didapatkan dan bekerja dengan baik maka harus dikonsumsi atau dimasak dengan cara yang benar.

Anda bisa memasak kacang merah kering yang direndam pada air dingin selama semalaman. Keesokan harinya mengganti air rendaman itu kemudian dididihkan. Bisa juga dengan menyayur kacang ini tanpa perlu direndam terlebih dahulu. Lalu ditambahkan dengan tomat juga garam agar rasanya lebih enak. Terakhir, jika Anda mau, Anda bisa memakan kacang kalengan. Tergantung dengan keinginan Anda saja.

Itulah dia pembahasan mengenai manfaat kacang merah juga berbagai kandungan yang ada didalamnya. Sekarang Anda sudah tahu kan bahwa kacang merah punya banyak gizi. Kacangan ini bisa jadi makanan keseharian Anda karena rasanya juga enak. Jika Anda tidak mau memakan kacang merah yang dimasak maka bisa mengonsumsi es kacang merah yang saat ini sedang populer. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

7 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5