Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan dan Pengobatan – Selain untuk dinikmati kelezatan daunnya, manfaat daun selada untuk kesehatan dan pengobatan, antara lain: menghambat proses penuaan atau antiaging, menjaga kesehatan mata, sumber mineral, menguatkan tulang, turunkan kolesterol, antikanker, dan menambah kesuburan. Dengan beragam manfaat yang terdapat dalam daun selada, pantas kiranya daun ini sering-sering saja dikonsumsi oleh Anda.

Khasiat daun selada bisa Anda peroleh dengan cara dikonsumsi lalapan, pecel, dan urap. Berikut ini khasiatnya:

  1. Menghambat proses penuaan atau antiaging

Adanya kandungan senyawa zeaxanthin yang bersifat antioksidan berperan aktif menghambat penuaan dini (antiaging). Senyawa ini membuat jaringan kulit tetap elastis dan kencang.

manfaat daun selada

Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan

  1. Menjaga kesehatan mata

Di dalam daun selada terkandung vitamin A dalam jumlah yang cukup banyak. Vitamin inilah yang akan menjaga kesehatan mata. Risiko penyakit mata pun bisa terhindar seperti mata minus atau plus, katarak, iritasi, dll.

  1. Sebagai sumber mineral

Kandungan kalium dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang. Kandungan zat besi dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Kalium juga berperan untuk menjaga kesehatan jantung dan menormalkan tekanan darah tetap stabil

  1. Menguatkan tulang

Daun selada kaya vitamin K yang berperan penting dalam pembentukan hormon osteotropic. Hormon ini berperan untuk mencegah pengeroposan tulang sekaligus memperkuat tulang.

  1. Turunkan kolesterol

Konsumsi daun selada bisa mengontrol jumlah kolesterol jahat dan baik tetap dalam kondisi seimbang dan stabil. Zat yang berperan dalam hal ini yaitu lemak rendah dan berbagai senyawa yang bersifat antioksidan. Kolesterol jahat inilah yang membuat sumber pemicu penyakit jantung dan stroke.

  1. Antikanker

Kandungan senyawa gluconasturtin bersifat melawan kanker dan menghambat perkembangan sel-sel kanker. Daun selada juga kaya vitamin yang bersifat antioksidan. Senyawa-senyawa yang bersifat antiosidan inilah yang mengenyahkan radikal-radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bersama, radikal-radikal bebas ini bersifat karsigonik yang menyebabkan tumbuhnya sel-sel kanker.

  1. Menambah kesuburan

Adanya kandungan vitamin C dan folat dalam daun selada mampu menyuburkan sistem reproduksi bagi pria maupun wanita. Konsumsi rutin daun selada juga akan menjaga kesuburan reproduksi.

Itulah manfaat daun selada yang bisa kita peroleh. Sangat baik untuk kesehatan dan pengobatan bagi tubuh kita. Daun ini juga murah dan mudah didapat. Jadi, selalu sediakan saja daun selada ini di dapur Anda.

TAG

manfaat selada,manfaat daun selada,mencengangkan hasiat slada,manfaat daun selada untuk kesehatan,kegunaan selada,daun selada,fungsi daun selada,khasiat daun slada,manfaat daun selada pada neurin,manfaat daun seladap
Manfaat Daun Selada Untuk Kesehatan dan Pengobatan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5