21 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan – Di Indonesia, hampir semua penyakit bisa dicegah dan disembuhkan dengan berbagai jenis tanaman, terutama dedaunan. Salah satu jenis daun yang punya banyak manfaat adalah sambiloto. Mungkin namanya masih asing di telinga kebanyakan orang. Artikel ini akan membahas apa manfaat daun sambiloto. Ada begitu banyak manfaat daun sambiloto yang perlu diketahui oleh Anda yang mengidap beberapa penyakit dan ingin menyembuhkannya. Langsung saja, ini dia daftar manfaatnya.

Khasiat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

manfaat-daun-sambilotoManfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

  1. Bisa untuk obati penyakit tipus. Caranya dengan mengambil beberapa lembar daun, kira-kira 10 sampai 15 lembar. Rebus semuanya dalam air sampai mendidih. Minum ramuan tersebut.
  2. Turunkan tekanan darah karena adanya senyawa kalium. Dengan jumlah hanya 0,3 ml/kg dari berat badan saja bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Hasilnya sama dengan penggunaan suspensi glibenclamid.
  3. Cegah kanker dan tumor. Daun ini bisa sembuhkan penyakit-penyakit tumor trofoblas ganas, hamil anggur, dan tumor paru. Berbagai penyakit itu termasuk cikal bakal munculnya kanker.
  4. Menyembuhkan malaria.
  5. Mengatasi gatal-gatal.
  6. Tingkatkan daya tahan tubuh.
  7. Mengobati sakit gigi.
  8. Mengobati leptospirosis.
  9. Menyembuhkan sakit gigi.
  10. Menyembuhkan radang usus buntu.
  11. Menyembuhkan radang ginjal yang sudah akut.
  12. Melawan racun.
  13. Menyembuhkan diabetes.
  14. Menyembuhkan bronkhitis (radang pada saluran pernapasan).
  15. Menyembuhkan pneumonnia (radang paru).
  16. Menyembuhkan tifoid.
  17. Mencegah diare.
  18. Mencegah disentri basiler.
  19. Menyembuhkan infeksi saluran empedu.
  20. Menyembuhkan sakit perut.
  21. Menjaga stamina.

Hebat sekali bukan manfaatnya?

Cara Penggunaan Daun Sambiloto

Daun ini bisa digunakan untuk mengobati bagian dalam dan luar tubuh dengan cara berbeda. Untuk penggunaan pada bagian dalam tubuh bisa merebus dan meminum air rebusannya. Caranya dengan mencuci beberapa daun lalu rebus menggunakan air secukupnya. Didihkan sampai sisa airnya tinggal sedikit atau ΒΌ dari takaran awal. Kemudian bisa diminum, tidak perlu banyak-banyak, secukupnya saja.

daun-sambiloto-keringSedangkan untuk penggunaan bagian luar tubuh bisa dengan cara mencuci daun sambiloto secukupnya. Haluskan daunnya lalu masukkan ke kain halus. Lalu diamkan di atas kulit selama beberapa lama.

Kandungan Daun Sambiloto

Alasan kenapa ada begitu banyak manfaat daun sambiloto karena memang tanaman ini kaya akan kandungan. Dalam setiap bagian dari daun sambiloto terdapat kandungan-kandungan tersebut.

Kandungan utama berupa flavonoid dan laktone. Untuk laktone, ada pada bagian cabang juga daunnya. Di dalam itu ada kandungan lainya yang lebih banyak. Sebt saja andropraholide, deoxyandrographoldie, aldehid, keton, alkane, homoandrographolide, 12-didehydroandrographolide, 14-deoxy-n, damar, dan asm kersik.

Sementara jumlah terbanyak flavonoid ada pada akar. Pada bagian itu terkandung 4-dimetiler, apigenin-7, mono-0-metilwithin, pan ikulin, andrgrafin, dan polimetoksiflavon.

Untuk Anda yang belum pernah melihat daun ini akan diberikan gambarannya.

  • Jenis daunnya adalah tunggal yang tangkainya pendek yang saling berhadapan dan bersilang. Pangkal dan ujung daunya meruncing. Warna bagian permukaan atas adalah hijau tua.
  • Bunganya bercabang dan membentuk malai. Merupakan jenis perbungaan rasemosa. Bibir bunganya punya warna putih dengan bentuk tabung.
  • Lalu bagian buahnya punya bentuk corong. Ukuran panjangnya 1,5 cm, lebarnya 0,5 cm. Bentuk dari ujungnya adalah tajam.

Anda dapat menemukan daun ini di berbagai tempat seperti tepi sungai, kebun, pekarangan, tanah kosong, dan tempat lainnya karena termasuk tumbuhan liar.

Demikianlah informasi mengenai berbagai manfaat daun sambiloto yang sangat penting untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

21 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan | Khisma Nisa Yuniar | 4.5