8 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh – Sayuran hijau memang terbukti punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan didalamnya lebih baik daripada sayuran lain. Sama halnya dengan brokoli yang punya banyak kandungan juga manfaat. Apa saja manfaat brokoli? Artikel ini akan membahasnya.

Kandungan brokoli bisa memberikan manfaat kesehatan bagi semua orang, dari yang masih anak-anak sampai tua. Oleh karena itu, brokoli dijadikan sebagai menu makanan utama untuk penderita berbagai penyakit. Berikut ini informasi tentang manfaat-manfaat dari brokoli.

manfaat-brokoli

Khasiat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh

  • Jaga sistem pencernaan

Gangguan pencernaan terdiri atas infeksi lambung dan maag. Jika Anda punya masalah ini maka perbanyak konsumsi brokoli. Ada kandungan bernama sultoraphane di dalamnya yang berfungsi menekan penyakit tersebut. Zat tersebut nantinya akan berpengaruh pada produksi enzim tidak berguna penyebab kanker di dalam hati.

  • Jaga kesehatan mata

Bukan wortel saja yang punya manfaat ini, brokoli juga punya vitamin A yang banyak. Dalam brokoli ada lutein yang mempu jaga mata dari kerusakan yang diakibatkan penuaan juga sinar matahari.

  • Kontrol kolesterol

Untuk kendalikan penumpukan kolesterol, serat dalam brokoli lah yang bisa melakukannya. Hal ini juga akan sangat berguna untuk kesehatan jantung. Namun brokolinya jangan dimasak dengan minyak tapi direbus.

  • Tingkatkan sistem imun

Manfaat brokoli ini disebabkan adanya vitamin C yang memang jadi “senjata” ampuh untuk tingkatkan sistem imun. Oleh karenanya, tubuh Anda akan jarang terserang oleh penyakit yang berbahaya.

  • Sumber antioksidan

Vitamin C juga punya peran menjadi antioksidan yang manfaatnya untuk memerangi radikal bebas.

brokoli-untuk-kesehatan

  • Kesehatan jantung

Kandungan glucoraphanin yang bisa membawa manfaat ini. Jumlahnya di dalam brokoli ada banyak sekali.

  • Kontrol tekanan darah

Manfaat brokoli untuk ini berasal dari kandungan potasium. Jadi brokoli sangat bagus dikonsumsi penderita darah tinggi.

  • Mencegah kanker

Segala jenis kanker, terutama kanker payudara dan prostat bisa dicegah oleh sayuran ini. Oleh karena adanya kandungan fitokimia, isothiocyanate, dan indole.

Itu dia apa saja penyakit-penyakit yang bisa dicegah dan diobati dengan sayuran ini. Namun Anda harus memasak sayuran ini dengan benar supaya manfaatnya terasa. Contoh cara memasak yang benar adalah jangan terlalu lama, jangan digoreng menggunakan minyak, serta langsung dimasak atau jangan lama disimpan dalam kulkas. Nanti kandungan gizinya akan berkurang bahkan hilang.

Manfaat untuk Anak-anak

Di atas itu adalah manfaat yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Sementara untuk anak-anak ada manfaat lainnya yang belum disebutkan. Antara lain.

  • Jaga kesehatan tulang karena adanya vitamin K juga kalsium. Begitu juga untuk kekuatan gigi.
  • Menjaga dari risiko sembelit. Penyakit ini lumayan sering terjadi pada anak-anak karena kurangnya gizi dari makanan mereka.
  • Tingkatkan kekebalan tubuh. Tubuh anak-anak rentan sekali “tercemar” berbagai penyakit. Maka sistem kekebalannya harus dijaga supaya kuat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, sering-seringlah memberikan mereka brokoli. Jika tidak mau makan sayur, Anda bisa siasati cara memberikannya.

Kandungan dalam Brokoli

Ingin tahu kenapa brokoli bermanfaat sekali untuk kesehatan? Tentu saja karena kandungan zat dan gizinya yang banyak.

Dalam brokoli ada empat jenis vitamin yang fungsinya berbeda-beda, seperti vitamin B, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Lalu, di atas juga sudah disebutkan, yaitu antioksidan, kalori, zat besi, juga kalsium.

Kandungan-kandungan gizi tersebut bisa berpengaruh dengan baik sekali untuk ibu hamil, anak-anak, dan semua orang.

Demikianlah informasi mengenai manfaat brokoli yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia segala usia.

8 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan Tubuh | Khisma Nisa Yuniar | 4.5