Macam-macam Pelanggaran dan Hukuman dalam Bermain Bola Basket

Permainan bola basket adalah salah satu olahraga yang sangat populer di dunia teruatam di benua Amerika dan Eropa. Olahraga yang satu ini mengandalkan kecepatan tangan dan gerak langkah kaki yang dinamis dan harmonis untuk bisa bekerja sama dalam tim sehingga bisa memasukan bola ke ring lawan dan menambah point. Dalam bola basket sendiri tidak hanya tentang teknik menyerang lawan tetapi juga pengetahuan lain termasuk jumlah pemain, aturan main bahkan ukuran lapangan bola basket.

Dalam sebuah olahraga tentu saja ada peraturan yang harus ditepati oleh pemain dan tim yang sedang bertanding, tidak terkecuali pada bola basket. Kali ini kami akan beberikan informasi tentang Macam-macam Pelanggaran dan Hukuman dalam Bermain Bola Basket yang akan menambah wawasan anda, terlebih jika anda berkeinginan untuk bermain basket atau bahkan menontn pertandingan bola basket agar bisa menikmati pertandingan tanpa bingung akan pelanggaran serta hukuman yang akan diterima oleh tim yang anda saksikan.

  1. Personal foul

Personal foul adalah pelangaran yang dilakukan oleh seorang pemain.  Pada bola basket sendiri tiap pemain memiliki jatah untuk melakukan personal foul sebanyak 5 kali.  Maka jika terjadi pelanggaran yang ke 6, pemain tersebut akan dikeluarkan dari pertandingan tersebut atau disebut juga dengan foul out. Hukuman persona foul sendiri ada 3 yaitu lemparan ke dalam, foul out serta free throw.

  • Team foul

Pelanggaran ini buntut akibat dari 5 pemain dalam sebuah tim melakukan masing-masing 1 pelanggaran maka kesalahan yang dihitung yaitu 5 kali team foul. Hukumanya yaitu lemparan ke dalam ataupun free throw.  Dengan syarat kategori team foul bukan termasuk shooting atau blocking foul.

  • Technical foul

Pelanggaran teknik ini merupakan jenis pelanggaran besar yang biasanay disebabkan oleh pemain yang mengeluarkan kata-ata kasar kepada official pertandingan, melakukan gerakan yang berlebihan maupun perkelahian antar pemain.  Sebagai hukumanya yaitu dikeluarkan dari pertandingan serta free throw untuk tim lawan.

  • Offensive foul

Pelanggaran yang disebabkan karena pemain berada dalam posisi menyerang dan melakukan tabrakan pada pemain bertahan tim lawan yang berada pada posisi defense.  Hukumannya yaitu perpindahan bola.

  • Blocking foul

Yaitu pelanggaran yang disebabkan karena pemain sengaja menghentikan pemain tim lawan dengan menutup garakannya secara tiba tiba sehingga pemain lawan hilang keseimbangan. Hukumannya berupa free throw.

Demikianlah informasi seputar Macam-macam Pelanggaran dan Hukuman dalam Bermain Bola Basket yang bisa kami sajikan kepada anda. Pelanggaran tersebut tentu saja memiliki konsekuensi apabila dilakukan mulai dari hukuman personal hingga pemberhentian jalannya pertandingan.  Dengan mengetahui hal tersebut, tentu saja pelanggaran bisa dihindari untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan  Perbarui pengetahuan anda tentang bola basket serta olahraga lainnya di desabola .

Macam-macam Pelanggaran dan Hukuman dalam Bermain Bola Basket | Syella | 4.5