Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Prestasi dan Daya Ingat Menurun

Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Prestasi dan Daya Ingat Menurun – Tidur merupakan salah satu aktifitas yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, seseorang yang kurang tidur akan menyebabkan kondisi kesehatan mereka kurang baik dan mudah gampang sakit atau terserang penyakit. Apalagi remaja yang memiliki aktivitas super padat seperti sekolah, ekstrakurikuler, les, sampai harus mengerjakan PR di malam hari. Tidak dapat dipungkiri kalau Aktivitas tersebut menyebabkan jatah istirahat mereka sering terganggu.

lesu

Mengutip dari Okezone, Akibat remaja kurang tidur, seperti contohnya dibawah ini :

  1. Memperbesar peluang terjadinya kecelakaan di jalan raya. Remaja yang memakai kendaraan baik itu sepeda maupun kendaraan bermotor seperti mobil dan motor, karena ketika mereka menyetir kendaraannya kondisi mereka ngantuk akibat kurang tidur, selain itu konsentrasi dalam berkendarapun tidak terkontrol. Reaksi tubuhpun cenderung lebih lambat dalam merespon keadaan.
  2. Orang yang kurang tidur mereka akan mudah sakit. Kurang tidur juga dapat menurunkan kekebalan tubuh. Kondisi demikian akan memudahkan virus, bakteri, ataupun jamur akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Beberapa penyakit yang mudah menyerang akibat kurang tidur yaitu seperti flu, batuk, pilek, hipertensi, dan yang lainnya.
  3. Kurang tidur juga akan menurunkan daya ingat dan belajar, selain itu kurang tidur juga dapat menurunkan prestasi belajar. Mereka tidak dapat mencerna dan memahami materi pelajaran dengan maksimal karena kondisi tubuh mereka lesu dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
  4. Selain itu kurang tidur dapat memperbesar peluang resiko kegemuan. Karena seseorang yang kurang tidur maka mereka memiliki ketidakseimbangan hormon yang berfungsi mangatur nafsu makan. Mereka akan mudah lapar serta suka ngemil, sedangkan tidak diimbangi dengan olahraga.
  5. Remaja yang kurang tidur juga akan mempunyai mental yang kurang sehat. Misalnya, akan lebih mudah marah, pikirannya gelisah, dan juga cepat cemas. Karena mereka tidk bisa membawa mood ke arah yang positif.

Oleh karena itu, pola tidur sehatĀ  7-9 jam sehari akan membuat tubuh kita merasa segar, fit, dan fress. Maka resiko terserang penyakitnya pun cenderung lebih kecil. Selain itu istirahat yang cukup juga bisa meningkatkan prestasi belajar dan daya ingat, karena tubuh akan mudah memahami dan mencerna materi yang di sampaikan ketika dalam proses belajar mengajar.

TAG

atlet yang kurang tidur akan menyebabkan penurunan prestasi mengapa
Kurang Tidur Dapat Menyebabkan Prestasi dan Daya Ingat Menurun | Ali Rahman | 4.5