Khasiat Manfaat Buah Mahoni Untuk Pengobatan

Khasiat Manfaat Buah Mahoni Untuk Pengobatan – Begitu banyak manfaat buah mahoni yang bisa kita ambil, antara lain: antipiretik, penurun hipertensi, antijamur, obat diabetes, penambah nafsu makan, sakit rematik, demam, masuk angin, dan eksim. Banyaknya khasiat tersebut, berkat senyawa-senyawa metabolit sekunder seperti alkaloid, flavonoid, terpenoid, saponin, dan steroid. Rasa biji mahoni itu sendiri sangat pahit dan mendinginkan sehingga sangat baik untuk mengobati aneka penyakit yang bersifat panas seperti infeksi, radang, dan kanker.

  1. Antibakteri

Senyawa alkaloid dalam biji mahoni bisa menyebabkan kerusaka dinding sel dan membram sel bakteri. Kelompok senyawa yang bersifat alkaloid, antara lain; flavonoid, saponin, steroid, dan terpenoid. Senyawa-senyawa tersebut ampuh mematikan bakteri.

Manfaat buah mahoni

Manfaat Buah Mahoni

  1. Obat diabetes

Ekstrak etanol pada biji mahoni terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah tikus. Senyawa saponin akan mengendapkan protein selaput lendir usus dan membuat lapisan untuk melindungi usus sehingga asupan glukosa dan laju peningkatan glukosa darah. Orang dulu langsung memakan biji mahoni yang telah masak. Tentu jumlahnya dibatasi.

Cara membuat ramuan: bubuk biji mahoni sebanyak ½ sdm diseduh dengan sepertiga cangkir air panas. Minumlah ramuan ini saat masih hangat-hangat kuku. Minum setengah jam sebelum makan. Ramuan ini dimun sebanyak 3 kali sehari.

  1. Meningkatkan nafsu makan

Caranya, bubuk biji mahoni sebanyak ½ sdm diseduh dengan air panas sebanyak sepertiga cangkir. Lalu, tambahkan madu sebanyak 1 sdm. Ramuan ini diminum dalam keadaan hangat-hangat kuku sebanyak 3 kali sehari.

  1. Penurun hipertensi

Caranya, ambil biji mahoni sebanyak 8 gram, lalu diseduh dengan air mendidih sebanyak 2 gelas. Diamkan sampai dingin, lalu disaring. Minum ramuan ini pada waktu pagi dan sore dengan sekali minum sebanyak satu gelas. Untuk mengurangi rasa pahit, bisa ditambahkan madu.

  1. Obat demam atau masuk angin

Caranya: siapkan bubuk biji mahoni sebanyak ½ sdm, lalu diseduh dengan air panas dengan takaran ¼ gelas. Beri madu sebanyak 1 sdm, lalu diminum dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali sehari.

Itulah manfaat buah mahoni yang bisa dipaparkan untuk kali ini. Biji mahoni memiliki nilai komersial tinggi. Ini berkat khasiat sebagai obat yang tinggi. Tak hanya diambil bagian kayunya saja, tapi bagian-bagian lainnya seperti kulit, getah, dan bijinya juga bernilai komersial tinggi. Biji mahoni yang siap untuk bahan obat biasanya dalam bentuk bubuk.

TAG

apa buah mahoni bisa hancurkan kanker,apakah buah mahoni bisa untuk obat diabetes ?,biji mahoni untuk kanker
Khasiat Manfaat Buah Mahoni Untuk Pengobatan | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5