Kenapa Minum Obat Harus Dengan Air Putih?

Kenapa Minum Obat Harus Dengan Air Putih? – Ketika kita sakit, kita butuh obat untuk membuat tubuh kita kembali fit, mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan atau pun mencegah penyakit datang kembali. Aturan minum obat berbeda-beda. Ada yang 1 kali sehari, 2 kali sehari atau pun 3 kali sehari. Dokter menyarankan agar kita teratur meminum obat dan ketika minum obat disarankan dengan air putih. Itulah salah satu petuah yang disarankan oleh dokter spesialis anak (Dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC) dari BJ Medical Center.

Dr. Wiyarni Pambudi memberikan petuah bahwa kita tidak boleh meminum obat dengan teh, susu, soda, kopi, minuman yang mengandung alkohol, minuman energi bahkan jus misal jus buah atau jus sayur yang menyehatkan. Kenapa? Karena ianya bisa mengubah kinerja atau efek obat dalam pencernaan anda. Kalo pun diminum dengan tanpa air putih biasanya obat yang memerlukan pelarut khusus. Kalo obat yang ada pelarutnya ya bisa diminum dengan pelarut obatnya.

Kenapa Minum Obat Harus Dengan Air Putih

Kenapa minum obat harus dengan air putih

Aturan minum obat pun juga berbeda, ada obat yang diminum sesudah makan, sebelum makan dan ada pula obat yang diminun ketika makan. Kenapa berbeda-beda? Itu bergantung kepada sifat dari obat yang diminumnya. Ada obat tertentu yang dapat bekerja dengan baik dan diserap tubuh ketika kondisi usus atau lambung sedang kosong atau pun obat yang bisa bekerja dengan baik. Apabila obat yang diminum sebelum makan maka jangan minum dengan pisang. Sebagian orang tertentu ada yang selalu minum obat dengan pisang. Biasanya mereka yang tidak bisa menelan. Karena ketika minum dengan pisang maka lambung dan usus akan bekerja bersamaan saat obat masuk. Sedangkan bagusnya adalah ketika lambung kosong. Itu kasus obat yang diminum sebelum makan.

Selain obat yang diminum sebelum makan ada pula obat yang harus di konsumsi setelah makan. Berarti jenis obat tersebut akan bekerja dengan baik ketika lambung atau usus berisi. Nah untuk itu wajib untuk anda mengenali jenis obat-obat yang anda konsumsi. Tanyakan pada dokter cara meminum sesudah atau sebelum makan. Ini bukan masalah sepele karena menyangkut bagus atau tidaknya kinerja obat. Ini dilihat dari fungsi farkokinetiknya atau kapan obat tersebut bisa diserap dengan baik oleh tubuh.

Bahkan ada obat-obatan tertentu yang dianjurkan minum hingga 8 kali sehari lho. Fungsi obat yang diminum sering yaitu untuk mempertahankan supaya kadar dari obat tersebut selalu ada pada kondisi puncaknya. Bahkan ketika kadar obatnya habis maka obat tersebut harus di konsumsi lagi. Misal ada obat yang dianjutkan diminum 8 kali sehari namun tubuh anda perlu lebih dari itu atau kadar obatnya habis maka tentu anda harus minum obat lagi supaya kadar obat tetap ada dalam tubuh.

Kenapa Minum Obat Harus Dengan Air Putih? | Balqish Annur Qaishah | 4.5