Jenis-jenis Bahan Kaos yang Wajib Diketahui Sebelum Memproduksi

Meski gaya kaos tidak pernah berubah, jenis bahan yang digunakan sudah semakin beragam dengan kualitas yang berbeda pula. Perbedaan kualitas bahan ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu, bukan hanya sekadar murah ataupun mahal.

Sebelum memproduksi kaos, Anda harus mengetahui beberapa jenis bahan ini.  Mengingat, tidak semua pembeli memiliki budget dan tujuan yang sama. Ada yang mengutamakan kenyamanan, ada juga yang lebih mengutamakan jumlah, dan lain-lain. Karena itulah penting bagi pebisnis sablon kaos manual maupun digital mengenal jenis-jenis bahan kaos yang wajib diketahui sebelum memproduksi.

Jenis-jenis Bahan Kaos yang Wajib Diketahui

1. Katun Combed

Bahan pertama yang harus diketahui tak lain adalah katun combed. Terbuat dari serat kapas, material ini menghasilkan bahan yang halus dan tidak berbulu. Bahan yang sering dipakai pelaku usaha ini bisa dibilang yang terbaik dan terjangkau, baik dari segi harga maupun kenyamanan.

2. Katun Carded

Bahan ini merupakan cotton combed KW 1. Meskipun menyerupai, kainnya tidak sehalus combed yang asli karena cara pembuatan yang berbeda. Harganya juga termasuk murah, sehingga kerap dipilih sebagai pembuatan kaos dalam jumlah banyak, seperti seragam pegawai pabrik dan kaos untuk siswa sekolah.

3. Katun Slub

Jenis kain kaos selanjutnya bernama slub. Karakteristiknya lembut, tetapi memiliki tekstur tidak merata pada bagian permukaan akibat proses “dipelintir” sehingga menimbulkan benjolan-benjolan kecil tersebut.

Karena keunikan tersebut, bahan ini masih sering digunakan bahkan dikombinasikan meskipun tidak memiliki karakteristik seperti jenis kaos pada umumnya.

4. Kain Viscose

Terbuat dari gabungan serat katun dan viscose membuatnya lebih sedikit menyerap keringat. Meski begitu, kaos berbahan kain viscose masih tetap nyaman digunakan. Permukaanya mengkilap ketika terkena sinar matahari menambah keunikan tersendiri untuk kaos viscose.

5. Katun CVC

Selanjutnya ada bahan Chief Value Cotton, kain campuran bahan cotton dan polyester. Jika menginginkan kaos berkualitas namun lebih murah, rekomendasikan kepada pelanggan untuk menggunakan bahan ini.

6. Katun Bambu

Berbeda dengan beberapa jenis bahan yang telah disebutkan sebelumnya, bahan ini termasuk spesial karena sering digunakan untuk memproduksi kaos distro. Selain sangat nyaman digunakan, jenis kain ini juga sangat cocok untuk pembuatan kaos anak-anak dan pemilik kulit sensitif.

7. Bahan Polyester

Berbanding terbalik dengan bahan sebelumnya, bahan yang satu ini justru cenderung panas ketika digunakan. Meskipun kurang baik dalam segi daya serap, bahan ini tidak mudah kusut dan lebih tahan lama dibandingkan jenis bahan lainnya.

8. Bahan Hyget

Jika dibandingkan dengan polyester, kain hyget sangat tipis dan berkualitas rendah. Namun, pesanan kaos dalam jumlah besar lebih meminati jenis bahan, mengingat harganya yang murah sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Jenis-jenis bahan kaos yang wajib diketahui sebelum memproduksi di atas harus dikenali oleh pengusaha kaos. Dengan begitu, Anda dapat memenuhi tuntutan pasasar, yang mana pelanggan memiliki kebutuhan dan kapasitas yang berbeda-beda.

Jenis-jenis Bahan Kaos yang Wajib Diketahui Sebelum Memproduksi | Makka El Fatih Setiawan | 4.5