Ini Pentingnya Merawat Ban Motor Supaya Awet

Saat ini kendaraan sudah menjadi kebutuhan yang hampir tidak bisa dipisahkan dengan aktivitas kita sehari-hari titik salah satu komponen yang pasti ada pada kendaraan adalah ban. Benda yang satu ini berbentuk bulat dan dominan terbuat dari bahan karet sehingga mempunyai tingkat elastisitas yang sangat tinggi. Pada dasarnya ban memiliki tingkat perawatan yang cukup mudah dan juga memiliki umur pakai yang lama. Namun tetap karena pentingnya ban motor ini harus membutuhkan perhatian karena jika rusak tentu saja akan mengganggu fungsi dari kendaraan anda tersebut.

12

Jika kondisi ban tidak stabil maka kendaraan juga tidak nyaman untuk digunakan, bahkan bisa menimbulkan efek yang buruk misalnya saja adanya kecelakaan akibat beban yang tidak diperhatikan oleh pemiliknya. Macam-macam kondisi ban bisa jadi pemicu utama beberapa kecelakaan seperti ban yang bocor, ban yang kempes, maupun ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Kali ini kami akan memberikan artikel yaitu Pentingnya Merawat Ban Motor Supaya Awet. Tentu saja informasi ini berguna untuk anda yang memiliki kendaraan khususnya roda dua sehingga penggunaan dan performa ban kendaraan semakin terjaga.

  1. Gunakan ban yang ukurannya sesuai

Masing-masing pabrikan motor memiliki spesifikasi velg dan ban sendiri untuk produk motornya. Mereka sudah memperkirakan serta memperhitungkan secara matang ukuran ban tersebut sehingga nyaman digunakan untuk pengendara dan juga kendaraan tersebut. Maka dari itu pilihlah ukuran ban yang sesuai ukurannya yaitu yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

  1. Beban motor

Tahukah anda bahwa banyak juga mempunyai kapasitas minimal yang bisa ditahan sehingga beban tersebut tidak akan mempengaruhi performa dan kualitas ban. Karenanya anda harus mengetahui berapa kapasitas maksimal sebuah ban sehingga ban akan lebih awet dan tidak cepat gundul. Selalu melakukan cek pada ban kendaraan motor anda setiap 10000 km untuk mencegah kerusakan ban.

  1. Tekanan ban

Untuk membuat ban lebih awet dan memiliki masa pakai yang lama tentu saja anda juga harus memperhatikan tekanan di ban kendaraan bermotor anda. Jika ban kurang tekanan atau kurang angin maka yang terjadi adalah performa ban akan turun sehingga tidak bisa melaju dengan sempurna. Namun jika udara atau tekanan ban terlalu berlebihan dan akan terlalu kencang dan tidak elastis.

  1. Kebersihan ban

Sering-seringlah untuk memeriksa kebersihan badan anda secara rutin terutama dari kotoran. Apalagi jika kendaraan bermotor anda melalui medan yang cukup panjang pastikan tidak ada batu kerikil, atau pasir yang mungkin terselip di alur ban kendaraan bermotor anda. Benda benda tersebut bisa jadi mempercepat kerusakan ban atau bukan tidak mungkin benda-benda tajam tersebut justru akan merusak ban dan mengakibatkan kebocoran.

  1. Cek kondisi komponen yang ada pada roda

Jari-jari atau velg pada ban juga bisa membuat tekanan di ban tidak maksimal dan tidak seimbang. Ada baiknya anda memeriksakan komponen roda sehingga mencegah keausan ban yang tidak merata atau terjadi pada salah satu bagian.

  1. Perhatikan pentil ban

Pentil ban menjadi komponen yang harus anda perhatikan mengingat bagian ini adalah pintu di mana tekanan atau udara bisa keluar masuk. Pentil ban juga harus diperiksa untuk memastikan kuncian yang rapat sehingga kebocoran udara bisa dicegah. Jika ternyata pentil ban tersebut haus atau tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Itulah beberapa alasan pentingnya Merawat Ban Motor Agar Lebih Awet Dan Tahan Lama. Yang paling penting adalah selalu memeriksakan kondisi ban kendaraan bermotor anda agar berkendara semakin nyaman dan aman.

Ini Pentingnya Merawat Ban Motor Supaya Awet | Syella | 4.5