Gejala Penyakit TBC dan Penyebabnya

Sudah di prediksi menurut WHO, di setiap detik di dunia setidaknya ada satu orang yang sudah terinfeksi TBC (Tuberkulosis) dan di negera kita indonesia untuk penyakit TBC ini sudah menduduki peringkat kedua setelah negara india yang mengalami penyakit tersebut. Penyakit ini tentunya sangat berbahaya, karena di indonesia sendiri penyakit TBC menjadi penyebab kematian tertinggi yang dan sudah menduduki peringkat pertama yang menyebabkan kematian. Akan tetapi. banyak yang tidak menyadari tentang bhayanya penyakit ini.

Kalian harus mewaspadai jika sering mengalami batuk yang tak kunjung juga sembuh. Karena gejalan tersebut termasuk gejala penyakit TBC. Penyakit ini harus kita waspadai karena bisa menularkan terhadap orang di sekitar kita dan bisa menyerang paru-paru yang menderita penyakit tersebut. Bakteri tersebut bisa menyebar terhadap orang lain melalui udara bersin atau batuk. Harus segera di obati sampai tuntas agar tidak berakibat fatal.

Gejala Penyakit TBC dan Penyebabnya

Penyakit TBC ini bisa menyebabkan meningitis atau bisa juga orang tersebut sebelumnya memiliki riwayat penyakit HIV yang bisa menyebabkan penyakit AIDS, karena penyakit HIV bisa melemahkan sistem imun yang mana orang tersebut tidak bisa melawan kuman TBC. Berikut adalah beberapa gejala TBC :

Gejala Penyakit TBC

1, Mengalami Batuk Secara Terus Menerus

Gejala ini sangat umum di alami oleh pengidap penyakit TBC, apalagi gejala batuk tersebut sudah berjalan lebih dari 2 minggu. kami sarankan kalian segera periksa ke dokter agar bisa di obati sejak dini.

2. Batuk Sampai Berdarah

Selain batuk terus menerus selama 2 minggu, pengidap penyakit TBC pastinya mengalami batuk berdarah. Jadi, waspadailah terhadap noda darah ketika kalian batuk.

3. Mengalami Penurunan Berat Badan.

Penderita penyakit TBC pastinya merasakan penurunan berat badan, karenan di sebabkan bakteri TBC yang sudah berkembang pesat dalam tubuh.

4. Demam Tinggi

Penyakit ini pastinya di barengi dengan sakit demam tinggi, jadi waspadai jika kalian mengalami demam dengan tiba-tiba.

5. Daya TahanĀ  Tubuh Lemah

Yang mengalami penyakit TBC tentunya merasakan daya tahan tubuh yang lemah dan mudah cape.

6. Mengalami Rasa Sakit di Bagian Paru-Paru

Penyakit TBC ini tentunya bisa menginfeksi pada bagian paru-paru. Jika kalian merasakan sakit yang luar biasa di bagian paru-paru, waspadailah karna gelaja TBC tersebut telah menyerang bagian paru-paru kalian.

7. Mengigil Tengah Malam

Jika kalian mengalami mengigil secara tiba-tiba di malam hari, padahal udara malam itu sedang tidak dingin.

8. Urine Kemerahan

waspadai urine kalian yang keruh kemerahan, karena gejala tersebut termasuk salah satu penyakit TBC.

Pengobatan Untuk Penyakit TBC

Tuberkulosis adalah salah satu dasar pengobatan untuk penyakit TBC. Akan tetapi, untuk menjalani pengobatan TB ini akan memakan waktu yang panjang jika di bandingkan penyakit bakteri lainnya. Kalian harus meminum obat antibiotik setidaknya sampai sembilan bulan lamanya. Kalian akan harus meminum obat-obatan jenis lainnya sekaligus. Obat-obatan yang akan kalian umum jumpai adalah jenis obat tuberkulosis yang meliputi :

1. Etambutol (Myambutol)

2. Pirazinamid

3. Isoniazid

4. Rifampisin (Rifadin, Rimactane)

Bagi pengidap penyakit TBC di wajibkan untuk menyelesaikan pengobatan sampai tuntas, karena jika tidak penyakit tersebut akan menyebabkan kematian untuk penderitanya. Walaupun semuanya akan menjumapai kematian, setidaknya kita telah berusaha mengobatinya. Jadi, sangat penting untuk kalian menjali pengobatan agar bisa menghambat terjalarnya bakteri tersebut kedalam tubuh kita.

Jika kalian mengali semua gejala di atas, alangkah baiknya periksakan terhadap dokter ahli di bidangnya, agar penyakit kalian bisa di tangani secara serius oleh ahli.

Gejala Penyakit TBC dan Penyebabnya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5