Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit – Kanker kulit merupakan kanker yang menyerang jaringan terluar kulit. Kanker ini sedikit menyumbang angka kematian. Hal itu dikarenakan jaraknya yang jauh dari organ vital dan pendeteksian yang cepat dengan mengetahui gejala dan ciri-ciri kanker kulit agar tidak menyebar di bagian tubuh yang lain.

Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan tidak normalanya pertumbuhan sel jaringan tubuh sehingga berubah menjadi sel kanker. Salah satu kanker yang biasa ditemui adalah kanker kulit. Kanker ini menyerang lapian epidermis dan disebabkan oleh radiasi matahati yang terlalu tinggi, bahan karsinogen pada kulit, radiasi ionisasi dan kekurangan zat pigmen tubuh dan lainnya. Kanker ini memang memiliki resiko kematian yang rendah hal itu dikarenakan selain letaknya yang jauh dari organ vital juga dikarenakan pendeteksian yang cepat asalkan telah mengetahui gejala dan ciri-ciri kanker kulit terlebih dahulu. Pengetahuan tantang hal tersebut dapat menolong penderita agar segera ditangani.

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit

Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit.

Kanker kulit dapat menyerang seluruh permukaan kulit seperti wajah, leher, punggung, tangan sampai kaki dan dapat menyebar kebagian yang lain. Penderita yang awam biasanya kurang peka akan gejala dan ciri-ciri awal kanker seperti berikut ini:

  1. Munculnya Tonjolan di Kulit.

Gejala dan ciri-ciri kanker kulit yang pertama adalah munculnya tonjolan di permukaan kulit. Terdapat 3 macam tipe tonjolan kanker kulit yaitu

  • Tipe Basalioma. Tipe ini biasa menyerang kulit area wajah. Bentuknya seperti nodul mini berwarna hitam atau merah kelabu.
  • Tipe Melanoma. Tipe ini paling berbahaya, menyerang di daerah leher, punggung atau kaki. Bentuknya mirip dengan tahi lalat yang membesar sampai ada yang mengeluarkan darah.
  • Tipe Karsinoma. Tipe ini dapat menyerang di hampir seluruh bagian tubuh. Bentuknya seperti kutil yang tumbuh semakin banyak dan tidak teratur, tonjolan ini retan sehingga mudah berdarah.
  1. Bentuk Tonjolan Asimetris

Tonjolan-tonjolan yang telah dijelaskan diatas ada beberapa yang jelas asimetris (tidak teratur). Jika anda perhatikan antara tepi kanan dan kiri terlihat berbeda.

  1. Permukaan Tepi Tidak Rata

Tepian tonjolan biasanya tidak rata, kasar dan terasa gatal atau bahkan sakit.

  1. Warna Tidak Rata

Warna yang dihasilkan tonjolan juga tidak rata seperti tahi lalat yang normal. Warnanya seperti bergradasi antara bagian tepi sampai tengah.

  1. Besar Diameter Tidak Normal

Kanker kulit dapat menyebar, jadi waspadalah saat mendapati tonjolan yang semakin lama semakin melebar dan mengembang.

  1. Bentuk Berubah

Gejala dan ciri-ciri kanker kulit yang terakhir adalah bentuk tonjolan yang berubah-ubah. Amatilah secara berkala bantuk tonjolan di kulit anda secara teliti untuk memastikannya.

Hindari berbagai penyebab kanker kulit sebagai pencegahan tetapi jika anda mendapati gejala-gejala tersebut terjadi pada kulit anda atau keluarga anda. Segeralah ke dokter spesialis kulit terdekat untuk memastikan apakah yang anda alami itu merupakan kanker kulit. Penanganan yang cepat dan tepat dapat membantu meringankan dan menyembuhkan penyakit anda. Semoga beberapa penjelasan tentang gejala dan ciri-ciri kankr kulit diatas berguna untuk anda

TAG

cara merawat tubuh biar awet muda,agar wajah tetap kencang
Gejala dan Ciri-Ciri Kanker Kulit | Balqish Annur Qaishah | 4.5