Gejala Covid dan Cara Menanganinya

Saat ini, kitab isa lihat hampir seluruh rumah sakit tidak sanggup menampung pasien karena kasus Covid-19 yang terus bertambah. Selain tes rapid dan swab, kita juga bisa mengenali penyakit ini lewat gejalanya. Lalu, apa saja gejala covid?

Apakah Hilang Penciuman Termasuk Gejala Covid?

Salah satu gejala yang paling sering dialami oleh pasien yang terpapar covid adalah hilangnya indra penciuman. Kehilangan indra penciuman tidak selalu dibarengi dengan demam, batuk, atau gejala lainnya yang sering dikaitkan dengan covid. Bahkan, meski tidak ada gejala sekalipun, bukan berarti kalian terhindar dari covid. Satu-satunya cara memastikan kalian tidak terpapar covid adalah dengan melakukan tes swab dan hasilnya negatif.

Namun, hilangnya indra penciuman tak selalu menjadi gejala dari penyakit ini. Pasalnya, infeksi virus atau bakteri lain, gangguan psikis, gangguan syaraf, gangguan hormone, sinusitis, rhinitis vasomotor, alergi, atau gangguan medis lain juga bisa mengakibatkan penciuman menjadi hilang atau terganggu.

Cara Menangani Gejala Hilangnya Penciuman

Jika kalian merasa sulit mencium bau, sebaiknya tak perlu panik. Kalian bisa melakukan penanganan mandiri dengan cara berikut:

1.    Isolasi mandiri di rumah, jaga jarak dengan orang lain, dan selalu memakai masker!

2.    Gunakan cairan NaCI untuk mengirigasi hidung!

3.    Jauhi kipas angin dan AC!

4.    Jika memungkinkan, gunakan air humidifier!

5.    Rutin olahraga, jangan terlalu stress, dan instirahat cukup untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh!

6.    Hindari hal-hal yang membuat kalian alergi!

7.    Selalu jaga kebersihan diri & lingkungan!

8.    Jalani diet sehat, kaya vit. C & antioksidan lain!

Jika dengan cara tersebut gejala hilangnya penciuman belum juga sembuh dalam waktu yang cukup lama, atau bahkan deman maupun gejala lainnya seperti keluar lendir kehijauan/kekuningan dari hidung, akan lebih baik jika kalian memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang sesuai & lebih baik.

Penyebab Kehilangan Penciuman

Kehilangan penciuman memang tak selalu karena terpapar covid. Pasalnya, ada beberapa sebab lain yang bisa memunculkan gejala ini, antara lain:

  • Polip hidung, yaitu pertumbuhan berlebih mukosa hidung sebab peradangan kronis, sehingga membentuk benjolan bertankai yang ada di rongga hidung
  • Alergi, seperti karena serbuk sari atau cuaca dingin
  • Infkesi virus & bakteri lain, termasuk bakteri streptoccus, virus influenza, dll.
  • Factor lain, seperti gangguan imunitas, gangguan hormone, karsinona nasofaring, refluks asam lambung ke tenggorokan, sensitifitas berlebih terhadap obat tertentu, terpapar asap/iritan lain, sinusitis, dsb.

Meski hilangnya indra penciuman termasuk salah satu gejala yang timbul akibat covid, kalian harus melakukan tes swab untuk memastikan apakah positif atau negatif. Namun, bukan tak mungkin gejala tersebut muncul akibat pencetus lain.

Sebagai saran, sebaiknya jalani pengobatan dokter sambal mengimbangi dengan banyak istirahat, selalu menggunakan masker, jangan bepergian jika tidak mendesak, irigasi hidung dengan cairan NaCI, jauhi hal-hal yang membuat kalian alergi, makan & minum yang mengandung vit. C, tidak sembarangan minum obat lain tanpa resep dokter, tidur lebih awal & teratur, tidak panik yang berlebih, tidak merokok, menjaga jarak minimal 2 meter saat berinteraksi dengan orang lain, dan pisahkan barang pribadi dengan orang lain.

Jika 1 sampai 3 hari setelah menjalani penanganan dari dokter namun kondisi masih belum juga membaik, tes swab bisa menjadi Langkah selanjutnya untuk memastikan apakah gejala tersebut muncul akibat paparan covid-19 atau bukan. Tes lain seperti rhinoskopi, rontgen, atau tes darah juga mungkin diperlukan sebagai tes penunjang lain.

Gejala Umum Covid-19

Da beberapa gejala covid yang umum diaalami oleh pasien yang terpapar covid-19. Berikut adalah beberapa gejala umumnya:

  • Gangguan indra perasa atau pembau
  • Mata merah
  • Sesak napas atau nyeri dada
  • Gangguan saluran pencernaan seperti diare
  • Nyeri atau pegal pada seluruh tubuh
  • Demam
  • Gejala seperti flu, misalnya bersin-bersin, pilek, batuk, dll.

Gejala umum covid-19 memang sekilas mirip dengan gejala flu dan demam. Namun, kalian tidak bisa menganggap remeh gejala-gejala tersebut. Karena virus covid-19 hanya bisa dipastikan melalui test swab, maka tak ada salahnya jika kalian melakukan tes s jika mengalami salah satu atau beberapa dari gejala-gejala yang disebutkan di atas.

Apakah Hilang Peciuman Sudah Pasti Positif Covid-19?

Gangguan penciuman yang membuat penderita sulit untuk mencium atau membau disebut anosmia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai factor, salah satunya adalah covid-19. Namun, banyak factor lain yang bisa menjadi penyebab hilangnya indra penciuman. Jadi, tes swab menjadi Langkah selanjutnya untuk memastikan apakah hilangnya indra penciuman yang kamu alami akibat covid-19 atau factor lain.

Gejala hilang indra penciuman memiliki berbagai macam kemungkinan penyebab. Tak semuanya berbahaya, tapi juga tak bisa dianggap remeh. Jika hilangnya penciuman tak disertai dengan gejala lain seperti deman, batuk, dll., maka sebaiknya melakukan isolasi mandiri agar tidak menularkan virus ke orang lain. Jika hilangnya indra penciuman adalah akibat terpapar covid, maka hal ini bisa berbahaya khususnya jika ada penyakit lain yang menyertainya. Meski begitu, kami menghimbau agar kalian semua yang mengalami gejala ini tidak panik. Pasalnya, panik bisa membuat daya tahan tubuh menurun, yang akan membuat kondisi Kesehatan semakin memburuk.

Perawatan Mandiri untuk Pasien Terpapar Covid

Terpapar covid ternyata bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Salah satunya adalah dengan terapi. Terapi yang cocok adalah antivirus. Durasinya harus disesuaikan jenis obatnya. Terapi ini menggunakan antibiotic selama lima hari & obat sesuai gejala. Cara lain adalah dengan mengkonsumsi suplemen zinc 20 mg, vit. C 500 mg per 12 jam, dan vit. D (400 – 1000 IU per hari selama 30 hari.

Jika gejala hilang penciuman tapi setelah dites swab hasilnya negative covid-19, ada 2 kemungkinan di sini. Pertama, bisa jadi memang awalnya terkena covid namun sudah sembuh Ketika dites swab. Kedua, hilangnya penciuman disebabkan oleh factor lain. Pasalnya, gejala hilangnya indra penciuman juga bisa disebabkan oleh factor lain yang sudah disebutkan di atas.

Meski setelah dites swab hasilnya negative, namun jika hilang penciuman atau gejala lain masih muncul, ada baiknya kalian tetap mengosilasi diri di rumah 1 hingga 2 minggu ke depan. Akan lebih baik lagi jika Langkah ini diimbangi dengan upaya lain seperti membangun pikiran positif, menjalani diet sehat kaya antioksidan, jangan berkerumun, selalu menggunakan masker, disiplin menjaga diri, istirahat yang cukup, dll agar cepat pulih.

Jika gejala covid atau gejala lain tak muncul lagi dalam masa isolasi, kalian bisa beraktifitas Kembali seperti biasa. Begitu juga sebaliknya, jika keluhan lain muncul, sebaiknya Kembali periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan yang cocok sesuai kondisi.

Gejala Covid dan Cara Menanganinya | Makka El Fatih Setiawan | 4.5