Cara Mengurus STNK Hilang dan Syarat-syaratnya

Surat Tanda Nomor Kendaraan atau lebih dikenal dengan STNK ini adalah dokumen penting dan berharga bagi seorang pengendara bermotor.maka dari itu, setiap Anda bekendara wajib memasukkan dokumen tersebut ke dompet atau tempat lain. Dokumen ini harus selalu dibawah, jika stnk hilang maka cara mengurusnya sangat ribet

Bila STNK tidak dibawa, Anda bisa terkena denda oleh polisi lalu lintas yang bertugas, betul? Dan tentunya pasti akan ditilang, lalu bagaimana jika STNK tersebut hilang? Pastinya, akan panik bukan ? mengingat untuk membuat STNK yang hilang diperlukan proses yang cukup panjang dan ribet dalam proses pembuatannya.

image 1

Boleh jadi, kondisi tersebut adalah kondisi yang lalu, karena saat ini untuk mengurus STNK yang hilang cukup mudah.

Asalkan Anda menyiapkan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Lalu, Bagaimana cara mengurus STNK yang hilang beserta syarat-syaratnya ? Yuk, simak bersama ulasannya di bawah ini!

Syarat-Syarat yang Harus Dipersiapkan

  1. Menyiapkan Surat Keterangan Hilang STNK di Kantor Polisi Terdekat

Syarat pertama, Anda harus mengerus Surat keterangan hilang STNK ke pollisi terdekat di tempat Anda tinggal.

Biasanya proses pembuatan surat ini berlangsung 10 menit saja. Petugas polisi akan bertanya tentang kronologi kehilangan STNK tersebut, maka dari itu tugas Anda mnjawabnya dengan detail dan tidak perlu ragu.

Pembuatan ini tidak dipungut biaya jika Anda ingin memberinya tip pun tidak apa-apa karena tidak ditentukan nominalnya.

  1. Menyiapkan KTP Asli beserta Fotocopynya

Jika tidak memiliki KTP bisa menggunakan surat keterangan sementara yang Anda miliki dari RT atau RW setempat. Jangan lupa pula untuk fotocopy surat keterangan tersebut.

  1. Fotocopy dari STNK yang hilang jika ada dan jika Anda menyimpannya.

Bisa jadi pembelajaran berharga, bahwasannya untuk bisa menyiapkan fotocopy STNK. Jadi, ketika hilang, fotocopy tersebut akan sangat berguna dikemudian hari jika STNK Anda hilang.

  1. Menyiapkan Buku Pemiliki Kendaraan Bermotor atau BPKB

Unuk Anda yang masih memiliki status kredit kendaraan bermotor, maka BPKB yang dibawa untuk mengurus STNK hilang berupa fotocopy dan surat pengantar dari  dealer tempat Anda membeli kendaraan bermotor tersebut.

Ketika sudah mendapatkan surat pengantar dai dealer jangan lupa untuk dilegalisir di kantor polisi.

Langkah-Langkah Mengurus STNK yang Hilang

Pastikan, syarat-syarat di atas sudah Anda persiapkan dengan baik. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah datang ke kantor samsat terdekat di kota Anda.

Tujuan datang ke Samsat sendiri adalah unuk membuat STNK yang baru. Adapun prosedur atau proses yang harus Anda lakukan di Samsat adalah sebagai berikut;

  • Cek Fisik Kendaraan

Pengecekan ini bertujuan untuk menentukan karakteristik kendaraan dari mulai warna mobil, nomor kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka. Setelah selesai, Anda akan dibuat surat oleh pihak Samsat dan pastikan untuk mendapatkan blangkonya.

Proses ini lumayan cukup lama dan mengantri. Tetapi untuk STNK tentunya Anda akan berkorban bukan?

  • Isi Formulir Pendaftaran di Loket STNK

Setelah selesai pengecekan fisik, langkah berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran di loket STNK. Maka dari itu, setelah mengisi formulir isikan data dengan lengkap beserta syarat-syarat yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

  • Pastikan Kendaraan Anda Tidak Diblokir

Untuk mengetahui diblokir atau tidaknya Anda bisa mengceknya dengan cara membawa surat hasil cek fisik. Setelah itu, lakukan pengecekan blokor dan pastikan bahwa kendaraan Anda tidak sedang dalam pencarian atau dengan kata lain termasuk dalam kendaraan curian.

  • Pembuatan STNK Baru

Nah, ini dia yang Anda tunggu-tunggu bukan? Setelah mengalami proses yang panjang dari pindah loket, cek fisik, cek blokir, serta mengisi formulir. Maka tahap selanjutnya adalah mengurus pembuatan STNK di Loket Bea Balik Nama II. Di loket ini Anda bisa memberikan semua berkas dan surat keterangan hilang.

  • Bayar Pajak Kendaraan Motor Jika Belum Membayarnya

Jika Anda belum membayar pajak bisa dilakukan saat pembuatan STNK baru. Karena mereka memiliki data administrasi yang cukup akurat.

Untuk membayar biaya STNK yang hilanh sendiri sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2010 mengenai PNBP adalah: Kendaraan dua Rp50.000 & Kendaraan roda empat adalah Rp Rp75.000.

Bagaimana mudah bukan mengurus STNK yang hilang? Jangan panik dan Semoga Pembahasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Cara Mengurus STNK Hilang dan Syarat-syaratnya | Sundus | 4.5