9 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

9 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening – Kanker kelenjar getah bening (Limfoma) merupakan salah satu jenis kanker yang ganas yang menyerang sistem limfatik yang berperan menjaga sistem kekebalan tubuh. Deteksi gejala kanker kelenjar getah bening lebih dini dapat mempermudah pengobatan dan menjaga agar stadium kanker tidak meningkat.

Kelenjar getah bening merupakan jaringan vital manusia yang berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh. Saat terjadi kanker maka kelenjar getah bening tersebut akan lemah dan membuat penderitanya mudah terserang penyakit. Oleh karena itu segera perhatikan kesehatan tubuh anda, dan deteksi gejala kanker kelenjar getah bening ini sejak dini.

9 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening ini dapat terjadi dibeberapa tempat seperti ketiak, leher atau pangkal paha. Penyakit ini dibedakan menjadi dua bagian yaitu kanker kelenjar getah bening Hodgkin dan Non Hodgkin.

  1. Kanker Kelenjar Getah Bening Hodgkin

Kanker ini tidak menimbulkan rasa sakit. Penyebab kanker ini adalah bakteri dan virus. Berikut gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin:

  • Demam

Saat sistem kekebalan tubuh terganggu maka tubuh akan merespon dengan demam dan kadang sampai disertai dengan menggigil.

  • Pembesaran di bagian kelenjar getah bening

Pembesaran atau pembengkakan terjadi di bagian seperti leher, bawah ketiak atau pangkal paha. Biasanya gejala kanker kelenjar getah bening Hodgkin ini tidak menyebabkan rasa sakit atau nyeri.

  • Kurang nafsu makan

Saat kelenjar getah bening diserang sel kanker, nafsu makan anda akan terganggu dan menyebabkan anda kurang nafsu makan seperti saat anda sehat.

  • Berat badan menurun

Nafsu makan yang menurun dapat membuat berat badan anda turun karena nutrisi yang harusnya didapatkan oleh tubuh tidak terpenuhi.

  • Gangguan pernafasan

Pada beberapa kasus yang sudah akut, kanker kelenjar getah bening ini telah menyebar kedaerah terdekatnya salah satu bagiannya adalah saluran pernafasan. Jika hal tersebut terjadi maka anda akan merasakan gangguan pernafasan.

  1. Kanker Kelenjar Getah Bening Non Hodgkin

Kanker kelenjar getah bening non hodgkin ini lebih ganas dibandingkan Hodgkin. Karena telah memasuki stadium lanjut seperti telah menyerang jaringan lain seperti hati, limfa, sum-sum tulang, dan limfoid. Kanker ini dialami oleh orang yang lebih tua, berumur sekitar diatas 60 tahun. Berikut adalah gejala kanker kelenjar getah bening Non Hodgkin:

  • Pembesaran di leher, ketiak atau pangkal paha, demam dan berat badan turun.

Sama dengan gejala Hodgkin, Kanker Non Hodgkin juga mengalami gejala tersebut.

  • Nyeri di dada

Khusus pembengkakan yang muncul di leher akan menyebabkan penderita mengalami gangguan pernafasan, sehingga akan merasakan sesak nafas dan nyeri di dada.

  • Mudah merasa Letih

Penderita akan merasakan badannya lelah dan mudah meraa capek padahal tidak melakukan kerja yang berat.

  • Nyeri di Perut

Penderita akan meraakan perut begah, bengkak dan terasa nyeri di daerah perut.

Itulah beberapa gejala kanker kelenjar getah bening baik jenis Hodgkin maupun Non Hodgkin. Jika anda mengalami pembengkakan yang tidak wajar di daerah tersebut di atas, segeralah konsultasikan pembengkakan itu pada dokter. Penanganan yang tepat dan tepat dapat menolong anda mengatasi kanker kelenjar getah bening ini.

TAG

kanker kelenjar getah bening
9 Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening | Balqish Annur Qaishah | 4.5