5 Manfaat Daun Pegagan Untuk Obat Tradisional

Manfaat Daun Pegagan Untuk Obat Tradisional – Sudah terbukti manfaat daun pegagan mampu mengatasi penyakit-penyakit dan gangguan tubuh seperti sebagai obat kulit, memperlancar sirkulasi darah, mengatasi gangguan syaraf, meningkatkan daya ingat, meningkatkan mental dan stamina tubuh, membersihkan darah, peluruh kencing, penurun panas, antibakteri, dll. Masih banyak lagi khasiat yang diperoleh dari daun pegagan. Maklum, tanaman ini sudah begitu familier di masyarakat.

Nenek moyang kita sudah mengetahui bahwa tanaman merambat ini ampuh mengatasi berbagai penyakit. Rasanya pahit mendinginkan. Sebagian orang masih rutin mengkonsumsi tanaman asal Asia Tropis sebagai makanan harian. Di alam itu sendiri, ada dua macam yang sudah dikenal, yaitu pegagan merah dan pegagan hijau. Pegagan memiliki kandungan senyawa-senyawa berikut ini, yaitu asiaticoside, isothankuniside, thankuniside, madecassoside, brahmic acid, brahmoside, madasiatic acid, centelloside, carotenoid, tannin, vellarine, hydrocotylin. Mineral, kalium, natrium, kalsium, magnesium, dan besi.

manfaat daun pegagan

Manfaat Daun Pegagan

Berikut ini beberapa manfaat daun pegagan yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  1. Menambah nafsu

Daun pegagan bisa meningkatkan nafsu makan kita. Caranya sangat mudah, tinggal merebus segenggam daun pegagan segar dengan air sebanyak 2 gelas hingga tinggal tersisa 1 gelas. Minumlah air rebusan ini sehari sebanyak 1 gelas.

  1. Batuk kering

Untuk mengobati batuk kering, segenggam daun pegagan segar dilumat sampai halus. Selanjutnya diperas untuk diambil airnya. Beri air dan gula batu secukupnya saja. Ramuan ini tinggal langsung diminum habis sekaligus.

  1. Bisul

Bisul yang sedang tumbuh pasti terasa sangat sakit. Supaya cepat matang dan mengering, pakailah ramuan berbahan dasar daun pegagan ini. Caranya, ambil daun pegagan segar sebanyak 30-60 gram. selanjutnya tinggal dicuci bersih, lalu direbus. Air rebusan ini yang diminum. Ini untuk pengobatan dari dalam. Untuk pengobatan dari luar, ambil daun pegagan segar, lalu dicuci bersih, lalu dilumat dan ditempel ke bisul yang sedang tumbuh.

  1. Demam

Caranya, ambil segenggam daun pegagan segar lalu dilumat sampai halus. Tambahkan sedikit air dan garam. Selanjutnya disaring untuk diambil airnya. Konsumsilah pada waktu pagi sebelum sarapan.

  1. Darah tinggi

Caranya, rebus 20 lembar daun pegagan dengan air sebanyak 3 gelas sampai tersisa ¾-nya. Ramuan ini diminum sebanyak 3 kali sehari.

Untuk memperoleh manfaat daun pegagan bisa dengan cara dimakan secara langsung. Misalnya saja dijadikan lalapan, diseduh, kapsul, cream, salep, dan luluran. Sesuaikan saja dengan kondisi orang saat sedang sakit. Namun, bila dipakai untuk menjaga kesehatan, dikonsumsi sebagai lalapan campuran pecel atau salad sangatlah bagus.

5 Manfaat Daun Pegagan Untuk Obat Tradisional | Yusnu Iman Nurhakim | 4.5